Terombang-ambing di Perairan Maluku Tengah, 43 Penumpang Kapal Dievakuasi

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 29/Des/2021 08:05 WIB
foto:istimewa/antara foto:istimewa/antara

MALUKU (BeritaTrans.com) -Tim SAR gabungan mengevakuasi 43 penumpang Kapal Motor Sinar Ali. Kapal yang membawa puluhan penumpang itu sebelumnya mengalami mati mesin dan terombang-ambing di tengah laut ketika dalam pelayaran dari Pulau Naira tujuan Pulau Ai, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

"Evakuasi ini dilakukan setelah Pos SAR Banda menerima informasi dari Babinsa Pulai Ai kalau kapal tersebut mengalami mati mesin di sekitar perairan Pulau Ai pada Senin (27/12) pukul 12:30 WIT," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon, Mustari di Ambon, Selasa (28/12).

Baca Juga:
Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Selanjutnya Pos SAR Banda merespon cepat informasi tersebut dengan mengerahkan Rigit Inflatable Boat (RIB) bergerak menuju LKK guna melaksanakan operasi SAR dengan jarak tempuh kurang lebih 5,7 NM, Heading 272,80° arah barat Pulau Banda.

Pukul 14:50 WIT, KM Sinar Ali berhasil ditemukan Tim SAR gabungan dan seluruh penumpang yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa berhasil dievakuasi menuju Pelabuhan Banda dalam keadaan selamat. Menurut informasi dari Koordinator Pos SAR Banda, Ferdinando Rugebregt kalau KM Sinar Ali dengan POB 43 orang berangkat dari Pulau Naira tujuan Pulai Ai sekitar pukul 12:30 WIT.

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Ribuan Peserta Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Voyage Kedua Jakarta- Semarang

Namun, sesampainya di perairan belakang Pulau Gunung Api, kapal tersebut dihantam gelombang tinggi dan mengakibatkan mesinnya rusak.

Kapal motor dengan panjang 12 meter berwarna putih tersebut sempat terombang-ambing selama dua jam sebelum berhasil ditemukan Tim SAR gabungan.

Baca Juga:
Rute Kapal Baru Buleleng-Raas Dibuka untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik dari Bali saat Lebaran

Mustari menambahkan, dengan ditemukannya korban dalam kondisi selamat, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan seluruh unsur SAR dikembalikan ke satuannya masing-masing dengan ucapan terimakasih. Dikutip Antara.(amt/sumbermerdeka.com)

Tags :