Kabadan Litbanghub Tinjau Aspek Keamanan, Keselamatan, dan Kesehatan Transportasi Nataru di Wilayah Kaltim

  • Oleh : Naomy

Rabu, 29/Des/2021 16:56 WIB
Kabadan Litbanghub Umar Aris Kabadan Litbanghub Umar Aris

BALIKPAPAN (BeritaTrans.com) -  Pemerintah terus meningkatkan pencegahan dan penanggulangan Covid-19, khususnya di sektor transportasi. 

Baca Juga:
Baketrans Bareng Komisi V DPR Bahas Kesiapan Angleb 2023

Menyikapi hal tersebut, Kepala Badan Litbang Perhubungan Umar Aris melalui Instruksi Menteri No. 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Desease 2019 Pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), melakukan monitoring pergerakan penumpang di masa Natal 2021 dan Tahun 2022 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (28/12/2021).

Monitoring dilakukan di beberapa titik, diantaranya Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Pelabuhan Penumpang Kariangau, serta Pelabuhan Semayang. 

Baca Juga:
Kepala Baketrans Beberkan Pentingnya Penegakan Hukum Bidang Pelayaran di FGD Gelaran KSOP Tg. Balai Karimun

Selain memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan, Umar juga memantau kesiapan sarana dan prasarana  pencegahan penyebaran Covid-19 di lokasi tersebut. 

“Kalau dulu sebelum pandemi, kita hanya berfokus pada safety, security, services, and compliance, sejauh mana aspek keamanan, keselamatan, dan pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat, namun sekarang ada tambahan healthy," ujar Umar. 

Baca Juga:
Yuk Isi Survey Baketrans Terkait Rencana Kamu Saat Libur Nataru Nanti

Dia menambahkan, meskipun kesehatan bukan merupakan core bussiness Kementerian Perhubungan, tapi pihaknya mengadopsi ketentuan-ketentuan yang berlaku. 

“Ini bagian yang tidak terpisahkan bagaimana vaksin, penumpang harus jaga jarak, pakai masker terus menerus, dan kita harus saling bersinergi untuk mewujudkan transportasi yang sehat,” tuturnya.

Kepala Kantor KSOP Balikpapan M. Takwim Masuku mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di masa Nataru. 

"Kami bersama dengan semua pihak baik Pelni, Pelindo, dan kepolisian, kita membagikan masker kepada penumpang yang tidak menggunakan masker, dan juga mengingatkan untuk menggunakan masker," ujarnya.

Takwim juga menginformasikan, jumlah penumpang naik per 27 Desember 2021 pada Pelabuhan Semayang, Balikpapan mengalami kenaikan. Pada tahun 2020, total jumlah penumpang naik dan turun sebanyak 10.742, sedangkan pada tahun 2021 sebanyak 10.864, atau naik 1,13 persen.

Berbeda dengan pergerakan penumpang pada Pelabuhan Semayang, pergerakan penumpang maupun di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan pada 27 Desember 2021 ini cenderung menurun dibandingkan tahun lalu. 

Tercatat penumpang yang tiba menurun 35,9 persen di bandingkan pada tahun 2020, dan penumpang yang melakukan perjalanan juga mengalami penurunan sebesar 11 persen. 

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, Anung Bayumurti mengemukakan, penyelenggaraan pelayanan transportasi udara pada masa Nataru telah sesuai dengan Instruksi Menteri Perhubungan Tahun 62 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Desease 2019 Pada Saat Nataru.

“Sesuai dengan amanat yang tertera pada Instruksi Menteri tersebut, kami melakukan koordinasi, pengawasan, serta pengendalian terhadap badan usaha transportasi udara, bahwa tidak boleh ada penambahan kapasitas penumpang,” tegasnya.

Pengawasan ini juga berlaku untuk pelaku perjalanan transportasi udara, menurutnya, berbeda dengan tahun 2020, para pelaku perjalanan di masa Nataru, yang tidak memenuhi syarat perjalanan telah memahami konsekuensinya.

“Sesuai dengan amanat yang tertera pada Instruksi Menteri tersebut, kami mengkoordinasikan kegiatan di lapangan, dalam hal ini pelaku perjalanan, apakah sudah memenuhi persyaratan perjalanan atau belum,” imbuh Anung.

Berdasarkan hasil monitoring, terpantau bahwa seluruh stakeholder telah melakukan berbagai tindakan untuk memastikan keamanan, keselamatan, serta pelayanan yang optimal. 

"Seperti melakukan ramp check pada setiap moda transportasi yang tersedia," tutup Umar. (omy)