Kaleidoskop Balitbanghub 2021, Capaian Dahsyat untuk Transportasi Lebih Baik

  • Oleh : Naomy

Kamis, 30/Des/2021 10:09 WIB
Kepala Balitbanghub Dr. Umar Aris Kepala Balitbanghub Dr. Umar Aris

JAKARTA (BeritaTrans. com) - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkomitmen memberikan yang terbaik di bidang transaportasi dalan hal penelitian dan kajian.

Sepanjang tahun 2021, Balitbanghub yang dipimpin oleh Kepala Badan Dr. Umar Aris, banyak melakukan langkah kinerja positif.

Baca Juga:
Beberkan Hasil Survei Balitbanghub Jelang Lebaran, Djoko Setijowarno Ingatkan Perlunya Antisipasi Dini Arus Mudik

Apa saja ya, hasilnya. Berikut ulasannya yang dirangkum dari postingan instagram @balitbanghub151.

Kolaborasi penelitian misalnya, dilakukan dengan 11 perguruan tinggi dan dua lembaga.

Baca Juga:
Balitbanghub Survei Online Penggunaan Aplikasi Navigasi Ditinjau dari Aspek Keselamatan Lalu Lintas

Disebutkan bahwa ada delapan penelitian birang transportasi antarmoda, sembilan bidang transpoetasi laut dan SDP, 11 penelitian terkait transportasi jalan dan perkeretaapian, dan 10 penelitian transportasi udara.

Dengan UGM (9 penelitian), UI (7), ITB (13), Undip (1), ITS (2), Universitas Nusa Cendana (1), Universitas Mulawarman (1).

Baca Juga:
Hasil Survey Balitbanghub: Potensi Masyarakat Mudik Sentuh 80 Juta

Selanjutnya Universitas Pattimura (1), Universitas Sriwijaya (1), Universitas Hasanuddin (1), Universitas Brawijaya (1), BPPT (2), dan Litbang Kompas (1).

Selanjutnya Balitbanghub juga mendukung sejumlah pembangunan sistrm Transportasu di Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Bidang transportasi antarmoda antara lain dengan melakukan studi penyelenggaraan transportasi dalam mendukung IKN dan integrasi jaringan prasarana dana pelayanan transportasi kawasan KKN dan daerah penyangga.

Bidang transportasi jalan dan perkeretaapian dengan penyusunan kajian implementasi dan standar serta kriteria sarana angkutan umum autonomous berbasis energi.

Bidang transportasi udara dengan meneliti pengembangn Aerotropolis di wilayah sekitar IKN serta perencanaan penyiapan ruang udara di wilayah IKN untuk mendukung lalu lintas penerbangan.

Bidang transportasi laut, sungai, danau, dan penyeberangan dengan menggali potensi pengoperasian dan desain flouting wharf barge sebagai infrastruktur penunjang IKN.

Adapun capaian Litbang Transportasi 2021yakni tujuh penelitian merespons dampak pandemi Covid-19 dan Strategi Recovery.

Analisis dan evaluasi pengendalian transportasi selama masa Libur Idul Fitri 2021 (1442 H) dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Hasil survey Balitbanghub terhadap potensi mobilutas masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. (omy)