Masa Angkutan Nataru, KAI Commuter Layani 8 Juta Orang Berpergian Gunakan KRL

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 04/Janu/2022 17:31 WIB
Suasana di dalam KRL Jabodetabek.(Istimewa) Suasana di dalam KRL Jabodetabek.(Istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pelaksanaan masa layanan Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru 2021-2022) yang dimulai dari tanggal 17 Desember 2021, telah berakhir pada 3 Januari 2022, KAI Commuer atau KCI menyatakan telah terlaksana dengan aman, lancar dan tertib. 

KAI Commuter mencatat total volume pengguna yang sudah dilayani mulai awal masa Angkutan Nataru hingga Senin 3 Januari 2022 adalah sejumlah 8.239.007 pengguna. 

Baca Juga:
KAI Commuter Bagi-bagi Paket Makan Sahur di Stasiun Bogor dan Stasiun Rangkasbitung

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, menjelaskan, jumlah penumpang meningkat 34% dibanding masa layanan Natal dan Tahun Baru pada tahun sebelumnya dimana tercatat 6.130.500 yang memanfaatkan layanan KRL. 

"Peningkatan ini menunjukkan aktivitas masyarakat yang meningkat seiring membaiknya situasi penanganan pandemi di Indonesia. Layanan kereta yang dikelola KAI Commuter selama masa Nataru juga berjalan lancar. Tidak ada gangguan operasional maupun kendala lainnya selama periode layanan Nataru yang mengangkibatkan pembatalan perjalanan KRL," ujar Anne pada keterangan resmi, Selasa (4/1/2021). 

Baca Juga:
KRL Layani Lebih 11 Juta Penumpang Selama Ramadan, Stasiun Rawa Buaya Ditingkatkan untuk Naik Turun Pengguna Commuter Line Basoetta

Jumlah lebih dari 8 juta penguna tersebut terdiri dari pengguna KRL Jabodetabek sebanyak 7.950.056 atau rata-rata 441.670 pengguna per harinya. 

Sedangkan untuk volume pengguna KRL Yogyakarta-Solo sebanyak 187.834 pengguna atau rata-rata 10.435 pengguna per harinya. Selanjutnya, volume pengguna KA Lokal Merak sebanyak 69.617 pengguna atau 3.868 pengguna per harinya dan volume pengguan KA Lokal Prambanan Ekspres (Prameks) sebanyak 31.500 pengguna atau rata-rata 1.750 pengguna per harinya. 

Baca Juga:
Ratusan Petugas KCIC Pastikan Prasarana Kereta Cepat Whoosh dalam Kondisi Prima dan Siap Sambut Angkutan Lebaran

"Selama masa layanan Nataru ini volume pengguna KRL Jabodetabek tertinggi tercatat pada Senin, 3 Januari 2022 yaitu sebesar 528.129 pengguna," jelas Anne. 

Sedangkan untuk volume pengguna KRL Yogyakarta-Solo pengguna tertinggi pada Sabtu, 1 Januari 2022 yaitu sebanyak 14.044 pengguna. 

Dijelaskan pula, KAI Commuter juga mencatat volume tertinggi pada pelayanan KA Lokal Merak pada Ahad, 2 Januari 2022 yaitu sebesar 6.044 pengguna dan untuk volume KA Lokal Prameks teringgi pada Sabtu, 18 Desember 2021 yaitu sebanyak 2.271 pengguna. 

Pada masa layanan Nataru KAI Commuter tetap mengoperasikan 1.005 perjalanan KRL Jabodetabek dengan 94 rangkaian kereta yang beroperasi mulai pukul 04.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Sedangkan untuk pelayanan KRL Yogyakarta-Solo KAI Commuter mengoperasikan 20 perjalanan dengan 3 rangkaian kereta tiap harinya. Sedangkan untuk KA Lokal Merak dan KA Lokal Prameks, KAI Commuter mengoperasikan masing-masing sebanyak 14 dan 8 perjalanan tiap harinya. Frekuensi perjalanan dan jam operasional ini masih berlanjut meskipun masa layanan nataru telah selesai. 

"Pola pergerakan masyarakat yang menggunakan kereta komuter juga cenderung sama dengan situasi sebelum Natal dan Tahun Baru. Hari Senin masih merupakan hari dengan jumlah pengguna KRL Jabodetabek terbesar dibandingkan hari-hari lainnya, sedangkan untuk tren pengguna KRL Yogyakarta-Solo paling banyak pada akhir pekan atau hari libur," ujar Anne. 

Sepanjang Angkutan Nataru tahun ini, KAI Commuter juga tetap memberlakukan protokol kesehatan untuk seluruh penggunanya. Penggunaan masker ganda, mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL, serta menjaga jarak juga masih tetap diwajibkan untuk ditaati oleh pengguna KRL. Calon pengguna KRL juga wajib menunjukkan sertifikat vaksin secara fisik maupun digital, ataupun memindai kode QR lewat aplikasi Peduli Lindungi kepada petugas. 

"KAI Commuter mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna KRL yang selama masa pandemi ini, tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan selama menggunakan KRL. KAI Commuter mengimbau untuk lebih disiplin dan taat lagi menjalankan protokol kesehatan dalam menggunakan transportasi KRL untuk kesehatan dan kenyamanan bersama," pungkas Anne.(fhm)