Begini Suasana Terminal Pulo Gebang di Awal Tahun 2022

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 05/Janu/2022 14:45 WIB
Sebuah bus di jalur keberangkatan penumpang bus Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (5/1/2021). Sebuah bus di jalur keberangkatan penumpang bus Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (5/1/2021).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Beberapa penumpang bus membawa barang bawaan terlihat menanti bus yang akan tiba untuk diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang, Rabu (5/1/2022). 

Area keberangkatan penumpang bus di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, terlihat sepi setelah sempat mengalami pelonjakan pada masa libur natal dan tahun baru (Nataru). 

Baca Juga:
Terminal Kepuhsari Jombang Hanya Berangkatkan Sedikit Bus saat Libur Panjang

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id di area keberangkatan tampak penumpang menanti bus di kursi ruang tunggu dan juga ada yang sudah menanti di luar ruang dekat jalur bus akan menaikkan penumpang. 

Baca Juga:
Lika-Liku Perjalanan Bus ALS Bekasi ke Medan, Lalui Lintas Tengah Sumatra Berhari-Hari

Suasana pada pagi menjelang siang tampak sepi.  Bus silih berganti keluar masuk terminal untuk menaikkan penjlpang ke arah Sumatera, Jawa Timur dan Jawa Tengah. 

Terlihat bus yang baru tiba langsung diserbu penumpang yang sudah menanti untuk langsung diberangkatkan. Jalur tampak sepi dengan adanya bus yang sedikit tersedia. 

Baca Juga:
Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar Kembali Ditutup Usai Libur Nataru

Petugas di terminal tersebut juga menyebutkan, selepas masa posko Nataru, suasana terminal kembali sepi. 

"Sekarang ini sudah sepi lagi, sudah mulai pada masuk sekolah kan," ujar Komandan Regu (Danru) Dinas Perhubungan, Terminal Pulo Gebang, Bonari di tempat, Rabu (5/1/2022). 

Sejumlah agen tiketing bus di terminal itu juga menyebutkan, jumlah penumpang bus kembali normal setelah masa libur akhir tahun. 

Sepinya penumpang dialami sejumlah bus tujuan tertentu. Beberapa tujuan masih banyak penumpang yang berangkat dari terminal tersebut.

Meski penumpang yang akan naik tidak banyak, bus tetap melayani berapapun jumlah penumpang yang telah membeli tiket dari terminal terbesar se Asia Tenggara tersebut. 

Danru Bonari menyebutkan aturan perjalanan angkutan darat saat ini masih berlaku. "Kita tetep pkai syarat wajib vaksin minimal yang pertama, sama penumpang harus ada hasil antigen," ujar Bonari. 

Posko Nataru yang awalnya dijaga oleh sejumlah petugas dari Kepolisian, TNI, Satpol PP dan Dishub tampak kosong. Hanya ada petugas terminal yang terdapat di seputaran area keberangkatan bus. 

Pada masa posko Nataru yaitu pada 17 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022, Terminal terbesar se-Asia Tenggara tersebut melayani 21.672 penumpang dan 4076 bus. (Fhm)