Lion Air Layani Keberangkatan Umrah Langsung Soetta-Madinah

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 09/Janu/2022 00:06 WIB
Maskapai Lion Air pada Sabtu (8/1/2022) memulai layanan penerbangan untuk ibadah umroh dari Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta(Soetta) menuju Madinah. Maskapai Lion Air pada Sabtu (8/1/2022) memulai layanan penerbangan untuk ibadah umroh dari Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta(Soetta) menuju Madinah.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Maskapai Lion Air pada Sabtu (8/1/2022) memulai layanan penerbangan untuk ibadah umrah dari Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta(Soetta). Penerbangan perdana itu langsung menuju ke Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz-Madinah. 

"Lion Air terbang perdana kembali non-stop dari Jakarta ke Madinah efektif 8 Januari 2022," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan resmi kepada BeritaTrans.com. 

Baca Juga:
Imbauan Pembelian Tiket Lion Air Group: Penumpang Harus Perhatikan dan Pahami Proses

Dijelaskan Danang, penerbangan perdana tersebut berangkat dari Bandara Soetta menggunakan nomor terbang JT-1110. Pesawat lepas landas pada 13.10 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Madinah pukul 19.30 waktu setempat. 

Penerbangan tujuan Jeddah dan Madinah ini terlaksana setelah Lion Air memenuhi semua kualifikasi dan persyaratan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan otoritas penerbangan sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA) termasuk audit keselamatan dan keamanan. 

Baca Juga:
110 Armada Terbaik Lion Air Dipersiapkan Layani Penumpang Lebaran dan Libur Panjang

"Lion Air memenuhi dan menjalankan ketentuan operasional menurut masing-masing negara serta aturan internasional," kata Danang. 

Danang mengatakan, Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah umrah dilakukan satu pintu melalui Asrama Haji Pondok Gede. 

Baca Juga:
Berbuka Puasa Saat Lion Air JT-306 Lepas Landas, Penumpang Saling Berbagi Takjil

Tercatat 414 calon jamaah umroh telah memenuhi persyaratan dan diberangkatkan menggunakan pesawat jenis Airbus 330-900NEO. Sebagai pesawat terbaru berbadan lebar (wide body) dan operator pertama di Asia Pasifik yang menggunakan armada ini. 

Untuk layanan Umrah kali ini, Lion Air mempersiapkan dan mengoperasikan 12 armada yaitu Airbus 330-300 (440 kursi) dan Airbus 330-900NEO (436 kursi). Rata-rata pesawat berusia muda. Seluruh pesawat telah menjalani perawatan intensif, dalam kondisi terbaik dan layak terbang (airworthy for flight). 

Diketahui, armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.(fhm)