Dibuka Kasal, Gubernur AAL Hadiri Pembukaan Dikreg Seskoal Angkatan ke-60 TA 2022

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 11/Janu/2022 18:47 WIB
foto:istimewa/Kabagpen AAL foto:istimewa/Kabagpen AAL

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah menghadiri  Pembukaan Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-60 TA 2022 yang dibuka Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono di Auditorium Yos Soedarso Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (11/1).

Upacara pembukaan ini juga dihadiri oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal), Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, para Pejabat Utama Mabesal, Pangkotama TNI AL dan pejabat utama Seskoal lainnya.

Kegiatan diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Kasal, dilanjutkan pembacaan laporan persiapan pendidikan oleh Direktur Pendidikan Seskoal  Kolonel Laut (P) Dr. Imam Teguh Santoso. Dilanjutkan Kasal menyematkan tanda Perwira Siswa (Pasis) kepada perwakilan siswa dari TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, Porli dan Pasis Negara Sahabat. 

Dikreg Seskoal Angkatan ke-60 tahun 2022 ini, diikuti 182 Perwira Menengah, antara lain 162 Perwira Siswa (Pasis) TNI Angkatan Laut yang terdiri dari 46 Korps Pelaut (P), 20 Korps Teknik (T), 21 Korps Elektronika (E), 23 Korps Suplai (S), 32 Korps Marinir (M), 6 Korps Kesehatan (K), 12 Korps Khusus (KH) dan 2 Korps Polisi Militer (PM).

Sedangkan Pasis tamu berjumlah 20 orang terdiri dari 2 perwira TNI AD, 2 perwira TNI AU, dan 7 perwira Polri serta 9 Pasis Negara Sahabat yang berasal dari Australia, Korea Selatan, India, Pakistan, Singapura, Uni Emirat Arab, Bangladesh, Malaysia dan Jepang.  

Baca Juga:
Lantik 235 Perwira, Poktekpel Surabaya Siapkan Pelaut Hadapi Era Otomatisasi



Dalam kesempatan tersebut, Kasal menegaskan bahwa Seskoal adalah lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi TNI AL yang bertujuan untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan, membentuk kepribadian dan karakter sebagai prajurit yang profesional, serta mengembangkan kemampuan kepemimpinan maritim bagi para perwira.

Pendidikan Sesko Angkatan lanjut Kasal, merupakan momen perubahan yang sangat penting dalam perjalanan karir seorang perwira. Penguasaan pada tataran teknis dan taktis yang dimiliki pada perjalanan karir sebelumnya akan dikembangkan dengan peningkatan kemampuan pada tingkatan yang lebih tinggi, yaitu level operasional dan strategis.

“Untuk itu diperlukan perubahan mindset para perwira siswa sehingga mampu berpikir global, holistik, integratif dan memiliki visi yang jauh ke depan,” terang Kasal.

Kegiatan Pembukaan Pendidikan Dikreg Seskoal Angkatan ke 60 Tahun 2022 ini, berlangsung dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan yang  ketat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19.(ahmad)

Baca Juga:
Poltekpel Surabaya Lantik 414 Perwira Program Diklat Peningkatan