Jelang MotoGP di Mandalika, Jokowi Tinjau Kesiapan Bandara Lombok

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 14/Janu/2022 08:37 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan Bandara Lombok menjelang perhelatan MotoGP Maret 2022 di Sirkuit Mandalika.(Dok. Sekretariat Presiden) Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan Bandara Lombok menjelang perhelatan MotoGP Maret 2022 di Sirkuit Mandalika.(Dok. Sekretariat Presiden)

MATARAM (BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo mengunjungi Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (13/1/2022), untuk memantau kesiapan menjelang perhelatan MotoGP pada Maret 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. 

Setibanya di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Jokowi didampingi Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, meninjau sejumlah fasilitas bandara yang akan digunakan untuk persiapan kedatangan para pembalap, kru dan penonton MotoGP. 

Baca Juga:
Penumpang Arus Mudik di Bandara Lombok Bakal Naik 30 Persen

Presiden meninjau beberapa fasilitas di antaranya adalah pos pemeriksaan suhu dan kartu kewaspadaan kesehatan elektronik atau e-HAC, pos pemeriksaan dokumen imigrasi, pengambilan bagasi, dan pos pemeriksaan bea cukai. 

"Tadi saya cek langsung kedatangan di bandara, kemudian proses yang ada di dalam bandara. Saya lihat semuanya yang berkaitan dengan protokol kesehatan, yang terkait dengan cek untuk PCR, cek bahwa sudah vaksin dua kali, semuanya urut-urutannya sudah bagus," kata Jokowi dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis. 

Baca Juga:
Ada Kendala pada Buldozer di Landasan, Bandara Lombok Sempat Ditutup Sementara

Komandan Lapangan MotoGP Mandalika, Hadi Tjahjanto mengatakan, untuk mendukung masuknya penonton ke Lombok, frekuensi penerbangan dari sejumlah kota besar menuju Lombok akan ditambah. 

"Untuk masuk sendiri dari luar akan ditambah frekuensi penerbangan, baik dari Jakarta, Surabaya, Bali, maupun Makassar. Jadi mudah-mudahan penonton nanti diberikan kemudahan menuju ke Sirkuit Mandalika untuk bisa menonton MotoGP 2022," Kata Hadi. 

Baca Juga:
Kemenhub Antisipasi Lonjakan Arus Balik Penonton MotoGP, Tersedia 9.392 Bangku Pesawat

Selain Bandara Lombok, Presiden Jokowi juga meninjau fasilitas jalan bypass Mandalika yang terbentang dari Bandara Lombok menuju kawasan Mandalika dengan mengendarai sepeda motor custom hijau milik presiden. 

Jokowi beserta rombongan menteri, didampingi Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, berkendara sambil meninjau akses jalan bypass Mandalika sepanjang 17,3 kilometer. 

Jalan ini merupakan jalan penghubung untuk mendukung akses jalan menuju Sirkuit Mandalika saat perhelatan MotoGP.(fh/sumber:kompas)