Kemenhub Terima 980 CPNS Teknis Bidang Transportasi Melalui Jalur Pola Pembibitan Tahun 2021

  • Oleh : Naomy

Kamis, 20/Janu/2022 21:39 WIB
Menhub sapa CPNS baru Menhub sapa CPNS baru


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan menerima sebanyak 980 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan kompetensi teknis di bidang transportasi pada tahun 2021 untuk ditempatkan di sejumlah unit kerja.

Selain itu, sebanyak 298 orang CPNS jalur pola pembibitan Tahun 2021 juga akan ditempatkan di sejumlah pemerintah daerah.

Baca Juga:
Berikan Kuliah Umum di Kampus Kemenhub, Kepada BPSDMP Siapkan Forum Taruna Transportasi

Serah terima Surat Keputusan CPNS Kemenhub Jalur Pola Pembibitan Tahun 2021 dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Menhub mengatakan, sejalan dengan perkembangan transportasi di Indonesia yang cukup pesat, perlu diimbangi dengan ketersediaan SDM yang memiliki kompetensi di bidang transportasi.

Baca Juga:
Lantik Pejabat Eselon I, Pesan Menhub: Tingkatkan Koordinasi dan Kolaborasi

"Hal ini untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan dan aspek keselamatan transportasi darat, laut, udara dan perkeretaapian," ungkapnya.

Pihaknya membutuhkan pegawai-pegawai dengan kompetensi teknis dari latar belakang pendidikan vokasi bidang perhubungan.

Baca Juga:
Novie Riyanto jadi Sekretaris Jenderal Kemenhub, Umar Aris Kepala BKT, dan Djoko Sasono Kepala BPSDMP

Menhub menjelaskan, melalui pola pembibitan ini yang juga akan menempatkan para CPNS di sejumlah pemerintah daerah, diharapkan kualitas SDM bidang transportasi, dapat merata ke seluruh daerah.

“Saya berpesan kepada para CPNS agar bisa merespons perubahan dan disrupsi yang terjadi dengan cepat. Jadilah ASN yang memiliki daya juang,” tutur dia.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Capt. Antoni Arif Priadi mengatakan, sejak tahun 2018 telah mengusulkan formasi pola pembibitan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sejumlah 24.028 orang. 

Selama periode empat tahun yaitu mulai 2018 sampai dengan 2021, Kemenhub melalui 21 Perguruan Tinggi dibawah BPSDM Perhubungan, telah melaksanakan Pola Pembibitan sejumlah 11.234 orang. 

“Masih terdapat kekurangan pemenuhan Kebutuhan Pola Pembibitan sejumlah 12.794 orang,” ujarnya.

Capt. Antoni menyebutkan, para lulusan Pola Pembibitan merupakan Putra/I dengan talenta terbaik yang telah melewati berbagai tahapan mulai dari Seleksi Penerimaan Taruna (Sipencatar).

Selanjutnya menempuh pendidikan di Sekolah Kedinasan BPSDMP sesuai Program Studi yang dipilih sampai lulus dan siap ditempatkan untuk mengabdi dan memberikan pelayanan dengan integritas. 

Dengan diterima SK CPNS ini maka mereka akan segera melaksanakan tugasnya baik di unit Kerja di lingkungan Kemenhub maupun di pemerintah daerah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dan Dirjen Perkeretaapian Zulfikri. (omy)