Dulu Dikenal Angker, Kini Sungai Cimanuk Jadi Tempat Bermain Anak-Anak

  • Oleh : Taryani

Minggu, 23/Janu/2022 11:40 WIB
Sepeda air disediakan pengelola sebagai salah satu wahana bermain anak-anak didampingi orang tua menelusuri  Sungai Cimanuk. (Taryani) Sepeda air disediakan pengelola sebagai salah satu wahana bermain anak-anak didampingi orang tua menelusuri Sungai Cimanuk. (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Dulu Sungai Cimanuk yang membelah wilayah Kecamatan Indramayu dengan Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat  dikenal cukup angker.

Jangankan anak-anak, orang tua atau orang dewasa pun jarang yang berani bermain-main atau berada di dekat Sungai Cimanuk.

Tapi sekarang, Sungai Cimanuk bukan lagi sebagai tempat yang angker. Sebab sudah menjadi  salah satu destinasi wisata yang  akrab dengan warga.

Jadi, jangankan orang tua atau orang dewasa, anak-anak pun sudah banyak yang berani bermain-main di sekitar Sungai Cimanuk.

Setelah penataan Taman Tjimanoek atau Taman Cimanuk   yang dilakukan Pemda Kabupaten Indramayu rampung, kini anak-anak tidak merasa takut lagi bermain-main di sekitar Sungai Cimanuk atau Taman Cimanuk.

Setiap hari ada saja anak-anak yang bermain-main di sana. Apalagi pengelola Taman Cimanuk sudah menyiapkan sarana bermain anak-anak. Berupa sepeda air yang bisa disewa anak-anak berkeliling di atas aliran Sungai Cimanuk.

Hanya dengan uang Rp20 ribu, orang tua sudah bisa memanjakan anak-anaknya bermain sepeda air di aliran Sungai Cimanuk.

Air Sungai Cimanuk itu terlihat bersih. Sebab setiap hari sejumlah petugas kebersihan memungut sampah yang terlihat mengambang di Sungai Cimanuk.

Sehingga warga yang kebetulan lewat di atas Jembatan Cimanuk, dapat melihat keindahan aliran Sungai Cimanuk yang airnya bening. Pada sisi kanan-kiri  bantaran sungai itu  sudah tertata dengan rapi, indah dan rindang.

Tersedia 10 unit sepeda air di sekitar Taman Cimanuk. Setiap saat sepeda air itu bisa dipergunakan anak-anak yang tentunya dengan  didampingi orang tua atau asisten rumah tangga.

Ada yang bersepeda air hanya ingin melihat-lihat keindahan daerah aliran sungai (DAS) Cimanuk saja. Ada juga  dengan sengaja swafoto  dengan latar belakang pemandangan Taman Cimanuk yang indah.

Seorang anak Balita sedang berpose di belakang icon Taman Tjimanoek atau Taman Cimanuk. (Taryani)

 

Di taman ini tersedia sejumlah wahana atau tempat bermain anak-anak yang aman dan nyaman. Misalnya slorokan, jembatan goyang, arena joging, area selfie dan tentu saja permainan sepeda air di Sungai Cimanuk.

Jika kebetulan pengunjung tiba-tiba merasa lapar atau haus tidak perlu khawatir. Sebab di dekat Taman Cimanuk terdapat sejumlah lapak dagangan yang menjual aneka jenis makanan dan minuman.

Lapak pedagang itu ditempatkan pada satu wilayah yang populer bernama Kawasan Kuliner Cimanuk atau Kawasan Kulcim.

Letak Kawasan Kulcim ini  cukup dekat dengan Taman Cimanuk. Hanya berjalan kaki sebentar menyeberang jalan sudah ketemu Kawasan Kulcim di Jalan Siliwangi, Kota Indramayu.

Salah seorang ibu rumah tangga, Ny. Eli, 43 mengemukakan, Taman Cimanuk merupakan kawasan wisata di Kota Indramayu yang ramah anak.

Letak taman ini berdekatan dengan Kantor Bupati Indramayu. Atau posisinya persis di belakang Masjid Agung Indramayu.

“Di taman ini banyak dijumpai wahana bermain anak-anak. Pada hari Minggu banyak dikunjungi orang tua yang membawa anak-anaknya,” ujarnya.

Memasuki areal Taman Cimanuk tidak berbayar alias gratis. Siapapun dan kapanpun bisa masuk ke Taman Cimanuk untuk beristirahat sambil melepas penat.

Atau sekadar duduk bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan taman dan aliran air Sungai Cimanuk yang tampak bening. (Taryani)