Grand Launching PT Cakrawala Persada Internasional

  • Oleh : Fahmi

Senin, 31/Janu/2022 14:29 WIB
CEO PT Cakrawala Persada Internasional, Sonny Apriliano di kantornya di Jakarta. CEO PT Cakrawala Persada Internasional, Sonny Apriliano di kantornya di Jakarta.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Diawali pemotongan tumpeng oleh CEO Sonny Apriliano di Kantornya di Jakarta, maka resmi pula perusahan PT Cakrawala Persada Internasional beroperasi pada Senin (31/1/2022). 

Baca Juga:
Mantap, Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

"Hari ini saya dan tim CPI merasa bangga karena visi dan misi kami mulai terealisai hari ini untuk melahirkan PT Cakrawala Persada Internasional atau CPI dan menjadi bagian industri logistik Indonesia," ujar Direktur Utama atau CEO PT CPI Sonny Apriliano saat sambutannya di Grand Launching di kantornya PT CPI, Menara Karya Building Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin. 

Hadir pula pada saat pemotongan tumpeng ialah CFO Hadi Prajitno, Commercial Sales Direktor Agung Wahyu Setyo Purnomo dan serta staf dan karyawan. Grand Launching berlangsung secara sederhana dengan dihadiri oleh tamu dari rekanan kerja. 

Baca Juga:
BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Cakrawala Persada Internasional atau disingkat dengan CPI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengangkutan logistik nasional maupun internasional. 

Visi CPI adalah menjadi salah satu pemberi layanan logistik nasional dan internasional dengan nilai terbaik untuk para stakeholders. Sedangkan Misi Perusahaan yaitu mengembangkan lingkungan kerja yang terbaik, memberikan solusi terbaik untuk client, dan menumbuhkan kualitas pembangun SDM (Sumber Daya Manusia). 

Baca Juga:
Yes, Program Hilirisasi Sukses Dongkrak Ekonomi Nasional

Sonny pada pembukaan mengatakan, PT CPI dengan optimisme yang tinggi nantinya mampu menjadi perusahaan publik di bidang Logistik service dengan memiliki armada pesawat kargo (AOC) untuk mendukung bisnis kargo udara di Indonesia melalui berbagai layanan dengan mengedepankan nilai ”Integrity-Discipline-Trusted”. 

Dikatakannya, semangat perusahaan juga didukung oleh perpaduan teknologi termutakhir, serta peran profesional-profesional muda di PT CPI yang terbaik di bidangnya. Hal itu demi kemajuan bersama. 

Sonny mengatakan di Era New Normal ini segala aktivitas masyarakat mulai berubah. Kebutuhan mobilitas barang lebih meningkat. "Dikarekan keperluan bisnis distribusi atau perpindahan barang menjadi lebih luas, angkutan barang menjadi lebih luas, serta penambahan titik-titik first mile and last mile yang baru secara langsung meningkatkan kebutuhan pokok Indonesia. Secara global dari perspektif itulah kami PT Cakrawala Persada Internasional terbentuk untuk mempersiapkan diri, lebih berkontribusi dalam perkembangan logistik ke depannya, dengan tujuan mendapat nilai tambah atau ad value kepada masyarakat pada umumnya serta pelanggan dan partner kami secara khususnya terhadap stakeholder-stakeholder yang lainnya, agar dapat tumbuh bersama menggapai garis peluang dari segala pihak," kata Sonny. 

Selama ini, perkembangan ekonomi menurun akibat Pandemi Covid-19 tetapi tidak untuk suplay kebutuhan logistic di Indonesia dan global. Apalagi biaya logistik di Indonesia saat ini masih tertinggal jauh dari negara tetangga, ongkos logistik di negara lain sudah berkisaran  12% sementara di Indonesia masih di angka 23%. Hal ini di sampaikan oleh Presidan Republik Indonesia Bapak Ir H Joko Widodo dalam ulang tahun Supply Chain Indonesia (SCI) yang ketujuh pada 19 Oktober 2021. 

Dengan penekanan pemerataan dalam penggunaan moda transportasi logistik yang saat ini 80-90% melui jalur darat. Perlu diketahui Indonesia adalah negara maritim, sehingga peluang perkembangan usaha bidang logistik baik laut dan udara sangatlah besar dan tentunya dengan dukungan financial yang baik sektor swasta dan kolaborasi dengan pihak pemerintah khususnya BUMN. 

PT Cakrawala Persada Internasional didirikan pada Desember 2021, perusahaan yang bergerak di bidang layanan transportasi dan logistik. Berdirinya PT CPI dipelopori oleh para profesional berpengalaman yang bergerak di bidang logistik lokal maupun global. 

CPI didukung penuh oleh system ERP oleh Microsoft Indonesia dengan produk Business Central 365, dengan optimisme yang tinggi nantinya mampu menjadi perusahaan publik di bidang Logistik service dengan memiliki armada pesawat kargo (AOC) untuk mendukung bisnis kargo udara di Indonesia melalui berbagai layanan dengan mengedepankan nilai ”Integrity-Discipline-Trusted”. 

Sonny mengungkapkan, PT CPI memiliki peluang yang sangat besar, sebagai perusahaan logistik global dengan layanan yang luar biasa, CPI melakukan perkembangan serta melakukan penguatan sisi lini bisnis di beberapa daerah. 

Selain di kepala kantor Jakarta, untuk memperluas brand perusahaan di pasar lokal dan meningkatkan daya saing, PT CPI dikatakan Sonny akan membuka kantor cabang di sejumlah daerah di Indonesia yaitu, Surabaya, Medan, Makassar, Balikpapan, Semarang dan Bali. 

Guna memberikan berbagai pilihan terbaik untuk solusi logistik yang dibutuhkan PT CPI mengembangkan beberapa produk seperti Air Freight, Industri Logistik Halal, Industri Logistik 4PL, Digitalization Integrated dan Cold Chain. 
  
Berbagai layanan logistik yang disupport yaitu :
1. Freight Forwarding meliputi Inland Transportation, Sea Freight dan Air Freight,
2. Warehouse meliputi Inbound & Outbound Handling, Packing & Labeling, Trans-shipment, Storage (Indoor & Outdoor), Consolidation & Doconsilidation,
3. Project Cargo meliputi Heavy Equipment Transport, Special Equipment, Pre Shipment Analysist, Journey Management Planning, Temporary Storage & Marshaling, Worldwide and National Shipping by Inter-Island Vessel, Barge & LCT,
4. Documentation & Export/Import Clearance Handling meliputi Quarantine, Insurance, Certificate of Origin, Fumigation & Clearance Handling.(fhm)