Hili Warga yang Berhasil Lepaskan Kalung Ban di Buaya Penghuni Sungai Palu, Cuma Pakai Alat Ini!

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 09/Feb/2022 08:23 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

PALU (BeritaTrans.com) - Seorang pria bernama Hili (35) warga Kota Palu, Sulawesi Tengah berhasil mengevakuasi buaya berkalung ban di Sungai Palu, Jembatan II, Kecamatan Palu Selatan, Senin (7/2/2022) malam. 

Evakuasi dilakukan secara mandiri oleh Hili dengan sistem jerat menggunakan peralatan tali, bambu dan seekor ayam sebagai umpan. 

Baca Juga:
Pencemaran Lingkungan Berbahaya, Empat Gubernur di Jawa Disomasi atas Polusi Mikroplastik di Sungai

“Saya sudah siapkan penangkapan buaya ini beberapa minggu,” kata Hili. 

Menurut Hili, buaya berkalung ban berhasil ia evakuasi sekitar pukul 18.30 Wita. Ban motor yang melilit di leher buaya tersebut langsung lepas. 

Baca Juga:
Dampak Buruk UU Minerba dan UU Cipta Kerja Terhadap Lingkungan Kian Terasa

“Yang jerat saya sendiri, tapi saya minta bantuan warga untuk angkat ke darat. Mungkin ada 50 orang yang bantu angkat,” cerita Hili. 

"Sudah tiga kali buaya ban ini lolos dari jeratku. Beruntung hari ini berhasil,” tambahnya. 

Baca Juga:
Ajak Masyarakat Gunakan BBM Oktan Tinggi, Wakil Wali Kota Sukabumi Dukung BBM Ramah Lingkungan

Sementara itu pantauan di lokasi, ratusan warga menonton aksi Hili melepaskan ban motor yang melilit di leher buaya. 

Kemudian masyarakat bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah melepaskan kembali buaya tersebut ke habitatnya di Sungai Palu. 

,Hili (35) warga Kota Palu, Sulawesi Tengah yang berhasil mengevakuasi dan melepas ban yang terlilit di leher buaya. Foto : ANTARA/ (Kristina Natalia)

Diketahui, buaya berkalung ban tersebut viral di media sosial sekitar tahun 2016. Sejumlah pemerhati reptil dan ahli satwa asal luar negeri datang ke Kota Palu untuk melakukan evakuasi namun gagal.(fh/sumber:antara)