Hadi Tjahjanto Pastikan Penerapan Travel Bubble Dipatuhi Selama Tes Pramusim MotoGP

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 12/Feb/2022 10:20 WIB
Hadi Tjahjanto Hadi Tjahjanto

 

MANDALIKA (BeritaTrans.com) - Komandan Lapangan MotoGP Sirkuit Mandalika, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto di Mandalika memastikan penerapan Buble Travel.

Baca Juga:
Jokowi Prediksi Calon Pemudik 79 Juta Orang: Kerjakan Vaksinasi, Jangan Bandingkan dengan MotoGP!

Sebanyak 24 pebalap MotoGP telah menyelesaikan sesi pertama dari tes resmi ketiga pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (11/2/2022). 

"Aktivitas para pebalap pun selalu dalam pantauan pihak-pihak terkait termasuk kepatuhan mereka mengikuti koridor gelembung perjalanan atau travel bubble yang telah ditentukan oleh Pemerintah Indonesia," tegasnya, Jumat (11/2/2022) malam.   

Baca Juga:
Sukses Layani Mobilitas MotoGP di Mandalika, DAMRI Raih Peningkatan Penumpang

Mantan Panglima TNI ini menyatakan masih terlalu dini untuk membicarakan masalah evaluasi terkait travel bubble ini. 

Kendati demikian, menurutnya kegiatan travel bubble di hotel hingga ke area paddock semua bejalan lancar, sesuai dengan Surat Edaran Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 5 Tahun 2022.

Baca Juga:
Ditjen Hubdat Akan Evaluasi Layanan Bantuan Bus MotoGP 2022

"Kegiatan mereka terus kita pantau, baik dalam kegiatan sehari-hari, juga untuk jadwal pemeriksaan antigen-PCR. Hari ini pada pemeriksaan antigen-PCR mereka semuanya negatif dan bisa melanjutkan besok pagi (Sabtu,12/2/2022) pada sesi kedua tes pramusim MotoGP 2022," kata Hadi.

Dia menyebutkan, seluruh sarana dan prasarana di lintasan utama (race track) dan perangkat elektronik lomba (race electronic) semuanya sudah siap termasuk pembenahan ban pembatas di lintasan (tire barrier) untuk keselamatan para pebalap karena MotoGP punya karakter yang berbeda dengan lomba World Superbike (WSBK). 

Sirkuit Mandalika menurut Dorna Sports sudah memenuhi kualifikasi Grade A. 

Di luar itu, PT PP Persero masih terus menyelesaikan pembangunan tribun penonton VIP Villages, Premium Grandstand dan Standard Grandstand. 

PT PP merupakan rekanan kerja PT Pembangunan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coorporation (ITDC) dalam pembangunan Sirkuit Mandalika terutama penyelesaian sarana prasarana pendukung lainnya di luar sirkuit, seperti sistem drainase, jalan penghubung, dan lainnya.

Hadi juga melihat antusiasme para pebalap terhadap sirkuit baru ini. Mereka beramai-ramai mengunggah di media sosial kegiatan-kegiatan di Mandalika termasuk persiapan untuk tes resmi pramusim ini. 

"Mereka mengunggah tempat-tempat wisata dekat dari hotel," ungkap dia.

Ketika Pertamina Grand Prix of Indonesia digelar pada 18-20 Maret 2022, kegiatan ini akan disiarkan secara langsung dan dilihat oleh sekitar 400 juta televisi.

"Dengan banyak sekali yang bisa kita tawarkan kepada masyarakat dunia. Kita juga bisa mempromosikan kepada dunia, inilah Mandalika. Oleh sebab itu mari kita dukung kegiatan ini dan mendukung industri pariwisata yang sedang kita galakkan ini," tutup Hadi. (omy)