Gubernur Anies: Jakarta Berkomitmen Dorong Nol Emisi Karbon dengan Transportasi Massal

  • Oleh : Dirham

Kamis, 17/Feb/2022 09:45 WIB
 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendorong nol emisi karbon atau net zero emission. Jakarta akan menempuh langkah tersebut lewat sistem transportasi massal yang kini tengah ditata oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

"Jakarta sendiri, berkomitmen dalam mendorong transisi menuju net zero emission dengan memperkuat sistem transportasi massal sebagai tulang belakang wahana pergerakan warga Jakarta," kata Anies dalam acara Talkshow Bincang Urban 20: Isu Perkotaan secara live di CNN TV Indonesia pada Rabu (16/2/2022).

Di samping itu, Anies selaku U20 Co-Chair menyampaikan, U20 mengimbau Presidensi, seluruh Engagement Groups, Working Groups, dan pemangku kepentingan G20 untuk berkolaborasi dalam rangka menyediakan akses vaksin yang merata, mempercepat aksi iklim, dan memastikan transisi menuju ekonomi nol karbon (net-zero carbon economy) untuk memberikan dampak positif yang maksimal. Utamanya bagi warga yang tergolong rentan dan termarjinalkan, khususnya di wilayah urban.

Anies juga menyinggung soal isu ketimpangan di wilayah urban. Di mana dia memandang, saat ini ketimpangan antarnegara semakin menipis, namun ketimpangan di dalam negara dan kota itu melebar.

“Ini adalah persoalan yang harus dicarikan solusi. Keuntungan ketika dibahas bersama dengan pemimpin wilayah kota dalam forum U20, maka ini menjadi bahan kebijakan di wilayah masing-masing. Para pemimpin wilayah kota itu terlibat dalam identifikasi masalah untuk mencari solusi dan menjadi lebih dekat untuk mengeksekusi suatu kebijakan daripada di tingkat nasional,” ujar Anies.

Jakarta Jadi Tuan Rumah

Jakarta disebut siap menjadi tuan rumah pertemuan puncak para pemimpin kota dunia dalam acara Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022, sebagai bagian dari agenda Presidensi G20 Indonesia.

Pertemuan para pemimpin kota dunia, akan membahas tantangan perkotaan pascapandemi yang harus dihadapi kota-kota dunia, sejalan dengan tema Presidensi G20 Indonesia, ‘Recover Together, Recover Stronger’.

Bincang U20 ini mengawali kesiapan Jakarta menjadi tuan rumah U20 Mayor Summit 2022 dan membahas isu perekonomian, transformasi digital, hingga energi terbarukan di tengah pandemi COVID-19. (ds/sumber Liputan6.com)