Viral! Gegara Ikuti Google Maps, Pemotor Masuk Tol Purbaleunyi

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 23/Feb/2022 19:41 WIB
Pengendara motor masuk Tol Purbaleunyi gara-gara peta online. (Video tangkapan layar CCTV-Istimewa) Pengendara motor masuk Tol Purbaleunyi gara-gara peta online. (Video tangkapan layar CCTV-Istimewa)

BANDUNG (BeritaTrans.com) - Seorang pengendara sepeda motor di Kota Bandung kepergok masuk ke Jalan Tol Purbaleunyi. Video pemotor itupun viral di media sosial. 

Dalam video, tampak seorang yang menggunakan sepeda motor sport melaju di sisi sebelah kiri. Dari informasi yang didapat, pengendara tersebut masuk ke jalan tol melalui Gerbang Tol Pasteur. 

Baca Juga:
Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Ini Kronologi Penyebabnya!

"Benar tadi jam 10," kata Wowon Petugas Informasi Jalan Tol Cabang Purbaleunyi Bandung saat diwawancarai, Senin (21/2/2022). 

Wowon menjelaskan, setelah mendapat informasi ada seorang pengendara yang masuk tol, petugas langsung bergegas untuk menghentikan yang bersangkutan. Setelah dihentikan, pengendara tersebut diperiksa untuk dimintai keterangan. 

Baca Juga:
Viral Bajaj Masuk Tol Malah Lawan Arah: Santai Aja Lagi!

Dari hasil pemeriksaan, pengendara yang belum diketahui identitasnya itu mengaku mengikuti Google Maps hingga bisa masuk ke jalan tol. Selanjutnya pengendara itu diserahkan ke petugas PJR untuk diproses lebih lanjut. 

"Ditangkap diinterogasi alasannya masuk tol, alasannya apa ya itu karena salah map-nya. Kemudian diserahkan ke PJR untuk diproses lebih lanjut, sanksinya tilang," ujarnya. 

Baca Juga:
Gerbang Tol Limapuluh Ditutup Sementara Sampai 7 Februari 2024, Ini Alasannya!

Masih kata Wowon, rata-rata pengendara sepeda motor yang masuk Tol Purbaleunyi melalui GT Pasteur salah dalam mengatur aplikasi Google Maps. 

"Beberapa kali kita menangkap pengendara sepeda motor yang masuk tol itu penyebabnya adalah masalah setting-an maps. Seharusnya setting-an di maps itu pakai motor, tapi ini pakai mobil. Jadi dari jalan raya itu langsung lurus masuk ke tol," ujar Wowon. 

Masih kata dia, kejadian pengendara motor yang masuk ke jalan tol hampir selalu terjadi setiap bulannya. Rata-rata mereka adalah pengendara yang berasal dari luar Kota Bandung. 

"Biasanya kebanyakan dari luar kota bandung. Tidak begitu sering, sebulan dua kali mah ada," ucapnya. 

Pihak pengelola jalan tol sendiri telah memasang berbagai rambu-rambu yang menunjukkan larangan sepeda motor masuk ke jalan tol. Wowon mengingatkan kepada pengendara untuk teliti saat menggunakan aplikasi Google Maps. 

"Himbauan ke masyarakat apabila menggunakan Google Maps gunakan jalur motor tidak menggunakan jalur mobil karena kalau masuk tol berbahaya untuk dia sendiri dan orang lain," kata Wowon.(fh/sumber:detik)