Ngeri Bos! Kapal Perang Rusia Tembak 3 Kapal Kargo dan Tanker Bawa 600 Ton Solar di Laut Hitam

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 26/Feb/2022 21:51 WIB
Kapal perang Rusia menembak kapal kargo dan kapal tanker yang mengangkut 600 ton solar di Laut Hitam (Foto: Reuters) Kapal perang Rusia menembak kapal kargo dan kapal tanker yang mengangkut 600 ton solar di Laut Hitam (Foto: Reuters)

LONDON (BeritaTrans.com) - Kapal perang Rusia menembak kapal tanker berbendera Moldova dan kapal kargo berbendera Panama di dekat pelabuhan Odessa, Laut Hitam, pada Jumat (25/2/2022). Kapal tanker membawa bahan bakar sedangkan kapal kargo mengangkut biji-bijian. 

Sejauh ini tiga kapal komersial menjadi sasaran salah tembak oleh Rusia sejak dimulainya invasi ke Ukraina pada Kamis. Satu kapal lain yang menjadi sasaran adalah kapal kargo Yasa Jupiter milik Turki yang diserang saat berlayar di lepas pantai Odessa. 

Baca Juga:
Lanjutkan Tradisi Kebaikan, FIFGROUP Peduli Berbagi Takjil Menjelang Akhir Bulan Suci Ramadan

Kementerian infrastruktur Ukraina menyatakan, dalam insiden pada Jumat, kapal berbendera Moldova, Millennial Spirit, ditembak saat membawa 600 ton solar. 

Badan kemaritiman Moldova menyatakan, kru Millenial Spirit merupakan warga Rusia dan dua dari mereka terluka parah. 

Baca Juga:
Sambut Idul Fitri 2024, FIFGROUP Salurkan Bingkisan dan Bantuan Lebaran bagi Masyarakat Sekitar

"Kami baru mendengar 10 menit lalu, semua kru diselamatkan tapi dua orang terluka parah dan sedang dalam perjalanan ke rumah sakit," bunyi pernyataan, dikutip dari Reuters, Sabtu (26/2/2022).

Satu kapal lagi yang terkena rudal berbendera Panama, yakni Namura Queen. 

Baca Juga:
APJAPI Berikan Tanggapan Terkait Peristiwa Dugaan Penembakan Debt Collector oleh Polisi di Sumatera Selatan

"Menurut informasi dari kontrol lalu lintas dan layanan Harbour Master pada pukul 12.55 di titik labuh No.358, sebuah roket menghantam buritan MV Namura Queen," kata agen pelayaran Ukraina, Stark Shipping. 

Kapal itu dalam pelayaran menuju pelabuhan Pivdennyi untuk memuat gandum. 

"Terjadi kebakaran di kapal, kapal tunda P&O STAR bergerak untuk menyelamatkan. Situasi terkendali," bunyi pernyataan.(fh:sumber:inews)