Dalam Sebulan, Ratusan Truk ODOL Kena Tilang di Probolinggo

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 27/Feb/2022 12:34 WIB
Ilustrasi truk logistik di Tol Bekasi Timur. Foto: BeritaTrans.com. Ilustrasi truk logistik di Tol Bekasi Timur. Foto: BeritaTrans.com.

PROBOLINGGO (BeritaTrans.com) - Satlantas Polres Probolinggo Kota terus menggelar razia truk over dimension and over loading (ODOL). Dalam sebulan, ada ratusan truk ODOl yang kena tilang.

Kasatlantas Polres Probolinggo Kota AKP Roni Faslah mengatakan, pihaknya memang gencar melakukan penindakan truk ODOL. Hal ini mengantisipasi angka kecelakaan di jalur pantura dan jalur selatan di Probolinggo.

"Kita melakukan razia truk ODOL, dengan cara hunting maupun razia. Dalam sepekan kita tilang 50 truk ODOL, karena truk yang tidak sesuai menyebabkan kecelakaan dan merusak aspal jalan, kita akan terus melakukan pemantauan di jalanan sampai bebas truk ODOL di jalanan," ujar Roni, Sabtu (26/2/2022).

Baca Juga:
Truk Angkut 22 Warga Terguling Gegara Sopir Tak Kuasai Laju Kendaraan di Probolinggo, 1 Orang Tewas

Terhitung dalam sebulan, Satlantas Polres Probolinggo Kota, telah menilang ratusan truk ODOL di jalanan. Petugas juga gencar memberikan sosialisasi dan edukasi pada sopir truk agar tidak memodifikasi armadanya.

Selain itu, Roni mengatakan pihaknya kerap mendatangi pemilik perusahaan jasa transportasi, untuk tidak mengubah spesifikasi truknya.

"Sebulan jajaran Satlantas Polres Probolinggo Kota, sudah berhasil menilang hingga ratusan truk ODOL, dan rencananya petugas akan memberikan sosialisasi ke karoseri untuk membuat body gandengan sesuai aturan, dan memasang banner edukasi larangan operasional truk ODOL ke depannya," tegas Roni.

Roni memaparkan kelebihan muatan ini membuat jalan yang dilalui sering rusak. Petugas pun fokus di sepanjang jalur pantura Probolinggo menuju Pasuruan dan jalur lingkar selatan menuju arah Lumajang. Dua jalur ini merupakan jalan nasional penghubung yang biasa dilintasi pengendara truk tujuan Bali.

Polisi juga kerap memeriksa dokumen kendaraan dan barang. Petugas juga memeriksa kondisi muatan yang melebihi kapasitas, karena jika kelebihan muatan, kendaraan rawan terguling dan rem bisa ngeblong.

Tidak hanya itu, petugas menggunakan alat meter saat memeriksa panjang body truk yang dimodifikasi melebihi standar. Dalam operasi ini, petugas tidak main-main dalam melakukan penindakan, jika ditemukan truk ODOL maka langsung dilakukan penindakan berupa tilang.

Misalnya saat razia di depan Pos Polisi pertigaan Ketapang, petugas menjumpai truk trailer yang membawa puluhan anak muda. Selanjutnya, mereka diturunkan paksa oleh petugas, setelah diberi edukasi, mereka dinaikkan mobil angkutan umum untuk ke tempat tujuan. (dn/sumber: detik.com)

Baca Juga:
Kecelakaan 2 Truk di Mukomuko Bengkulu Tewaskan 1 Pengemudi