Poltekpel Surabaya Gandeng BTN Kembangkan Fasilitas Kampus

  • Oleh : Naomy

Minggu, 27/Feb/2022 21:12 WIB
Peletakan batu pertama pengembangan fasilitas Poltekpel Surabaya Peletakan batu pertama pengembangan fasilitas Poltekpel Surabaya

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Politeknik pelayaran (Poltekpel) Surabaya gandeng Bank BTN Cabang Surabaya Bukit Darmo, kembangkan fasilitas kampus melalui Program Pengembangan Operasional, melaksanakan kegiatan Renovasi Gedung Asrama Taruni di Kampus Poltekpel Surabaya.

Program tersebut dibuka secara langsung oleh Plt. Kepala BPSDMP, Ir. Heri Sudarmaji melalui prosesi peletakan batu pertama, Ahad (27/2/2022).

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Workshop Peningkatan Kemampuan Digital Marketing

Heri mengapresiasi langkah Poltekpel Surabaya yang tidak menggunakan anggaran yang bersumber dari rupiah murni, melainkan menggunakan pembiayaan dari sumber dana BLU, bekerjasama dengan Bank BTN, dalam melakukan pengembangan fasilitas Kampus.

“Kami sangat mengapresiasi langkah ini, diharapkan bisa menjadi pilot project bagi kampus-kampus yang lain. Kami akan melapor kepada Bapak Menhub agar di tempat-tempat lain juga bisa dilakukan pola-pola seperti ini," jelas Heri.

Baca Juga:
Di Upacara Pelepasan 152 Perwira BP3IP Jakarta, Sekretaris BPSDMP: Kita Pelaut Ulung

Sebagaimana arahan Menhub, kata dia, anggaran rupiah murni untuk membangun di masa pandemi Covid-19 harus disisir kembali untuk difokuskan kepada upaya penanganan pandemi.

“Pada setiap Rapat Pimpinan, Menhub menekankan bahwa tiap unit kerja agar dapat menyisir kembali anggaran rupiah murni untuk membangun karena lebih fokus untuk Kesehatan terlebih dahulu, tetapi melalui kerja sama seperti ini saya yakin tidak akan mengurangi program kegiatan pembangunan yang telah ditentukan di masing-masing UPT," beber Heri.

Baca Juga:
233 Lulusan STIP Jakarta Dilantik di Museum Transportasi TMII

Dia juga berharap, kerja sama dengan Bank BTN dapat berlanjut bukan hanya program pengembangan operasional, tetapi juga dalam promosi Perguruan Tinggi Kemenhub 

“Harapan kami dapat bekerjasama dalam hal promosi sekolah-sekolah Kemenhub, berapa cabang Bank BTN di seluruh Indonesia, saya kira nanti kita bisa pasang banner di masing-masing cabang dan ini adalah untuk mempermudah menginformasikan sekolah-sekolah kita di bawah Kemenhub, ini menunjukkan kerja sama yang baik dalam mencerdaskan anak bangsa," ucap Heri.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Regional Office 3 Bank BTN Teguh Wahyudi, mengungkapkan, program pengembangan operasional ini diselenggarakan di banyak badan usaha maupun perguruan tinggi.

"Hampir seluruh PTN di seluruh Indonesia sudah kami kerjasamakan dengan program ini. Program ini adalah murni kerja sama yang kita ikat dengan suatu MoU sehingga semuanya transparan, dan PKS ini telah diratifikasi oleh KPK jadi tidak ada unsur gratifikasi maupun KKN karena sifatnya adalah murni untuk membantu suatu usaha bisa mengembangkan operasional," tutur Teguh.

Pihaknya siap untuk menyelenggarakan kerja sama di bidang lain, salah satunya yaitu kerja sama promosi Perguruan Tinggi dengan memanfaatkan jaringan Bank BTN di seluruh Indonesia.

"Kerja sama ini bisa kami tingkatkan lebih jauh lagi, salah satunya iklan dalam rangka untuk masyarakat ingin mendaftar sebagai Taruna, jadi Poltekpel dapat memanfaatkan seluruh jaringan Bank BTN seluruh Indonesia," tambah Teguh.

Program pengembangan operasional Renovasi Gedung Asrama Taruni ini menurut Direktur Poltekpel Surabaya, Capt. Sugiono, merupakan pengembangan gedung Laundry Poltekpel Surabaya menjadi Asrama Taruni setinggi tiga lantai.

"Melalui program pengembangan operasional ini rencananya akan dikembangkan dari yang awalnya satu lantai menjadi tiga lantai," ujarnya. 

Pengembangan dua lantai tersebut akan menampung 80 sampai 100 Taruni yang cukup representatif untuk dihuni. (omy)