Langgar Larangan Penerbangan, 2 Pesawat Rusia Diusir dari Wilayah Udara Kanada

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 03/Mar/2022 03:21 WIB
foto:istimewa/ilustrasi foto:istimewa/ilustrasi

OTTAWA BeritaTrans.com) - Kanada memerintahkan dua pesawat Rusia keluar dari wilayah udara. Salah satu pesawat mengidentifikasi diri sebagai penerbangan kemanusiaan Rusia.

Layanan kontrol lalu lintas udara Kanada, NAV CANADA melaporkan, insiden ini terjadi pada Senin (28/2/2022). Penerbangan Aeroflot AFLT.MM AFL111 melanggar larangan penerbangan Rusia di wilayah udara Kanada.

Baca Juga:
Pesawat dari Kanada jadi Penerbangan Pertama yang Tiba di China

Sebelumnya Kanada melarang pesawat Rusia memasuki wilayah udaranya mulai Minggu (27/2/2022). Langkah ini sebagai bagian dari sanksi berat yang dijatuhkan pada Moskow atas invasi tak beralasannya ke Ukraina.

Dalam keadaan normal, NAV CANADA tidak memiliki wewenang untuk menolak akses wilayah udara ke pesawat yang menyatakan dirinya sebagai penerbangan kemanusiaan.

Baca Juga:
Rusia Kembangkan Pesawat Pengebom Mirip B-2 Spirit Milik AS

 Pesawat Rusia lain yang mencoba memasuki wilayah udara Kanada telah lepas landas dari bandara AS. NAV CANADA bersama dengan regulator Transport Canada telah mengeluarkan arahan kepada semua unit kontrol lalu lintas udara untuk menolak semua akses pesawat Rusia yang dapat diidentifikasi di wilayah udara mereka.

Satu-satunya pengecualian untuk larangan ini adalah adanya persetujuan sebelumnya dari Transport Canada. Jika terjadi pelanggaran lagi, NAV CANADA akan mengarahkan pesawat yang melanggar ke bandara terdekat dan memberitahu regulator, untuk segera dilaporkan ke Sektor Pertahanan Udara Kanada.(amt/sumber:iNews.id)

Baca Juga:
Imbas Invasi ke Ukraina, 78 Pesawat Rusia Disita