KM Putra Barokah SH Yang Hilang Kontak Ditemukan, Mesin Kapal Rusak

  • Oleh : Taryani

Rabu, 09/Mar/2022 07:52 WIB
Kapal Patroli Polairud Karawang dikerahkan mengevakuasi 18 ABK dan nahkoda KM Putra Barokah SN di perairan Tanjung Sedari, Karawang. (Foto:detik.com) Kapal Patroli Polairud Karawang dikerahkan mengevakuasi 18 ABK dan nahkoda KM Putra Barokah SN di perairan Tanjung Sedari, Karawang. (Foto:detik.com)

KARAWANG (BeritaTrans.com) -   Penyebab kapal nelayan Putra Barokah SN hilang kontak saat diperairan Eretan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat karena kapal berawak 18 orang itu mengalami kerusakan mesin.

Akibatnya, radio komunikasi yang mereka bawa tidak bisa digunakan. Itulah sebabnya, KM Barokah SN dinyatakan hilang kontak selama dua hari sehingga dilakukan pencarian.

Sampai akhirnya,  kapal nelayan itu ditemukan dalam keadaan 17 anak buah kapal (ABK) termasuk nahkoda selamat di perairan Tanjung Sedari, Kabupaten Karawang.   Pencarian sempat dilakukan menggunakan helikopter jenis dauphin.

Kasat Polair Polres Karawang, AKP Zulkifli Sitorus  mengungkapkan, nahkoda dan 17 anak buah kapal (ABK) ditemukan selamat.

"Semua awak kapal 1 nahkoda dan 17 ABK keadaannya baik-baik saja. Bahkan sempat belanja makanan ke perahu nelayan yang lewat," ucap Sitorus saat dihubungi melalui telepon selular, Selasa (8/3/2022).

Para awak kapal itu diketahui hilang kontak karena mengalami kerusakan mesin.

"Jadi mereka ada kerusakan mesin di kapalnya sehingga radio mati. Terus hilang kontak selama dua hari jadi dianggap hilang, lalu ada yang melapor ke Basarnas," katanya.

Selain itu, ia menjelaskan posisi kapal melepaskan jangkar agar tidak terombang-ambing.

"Jadi kapal tidak terombang ambing, karena jalan pasang jangkar, dan sekarang tengah dievakuasi," katanya.

Diberitakan sebelumnya, kapal nelayan Putra Barokah SN dikabarkan hilang kontak pada Minggu (6/3) kemarin. Kapal ini awalnya berlayar dari Pelabuhan Eretan, Kabupaten Indramayu, pada Kamis (3/3). Namun, tak ada kabar hingga hari ini.

Setelah itu, keberadaannya sempat terdeteksi. Alat deteksi menunjukkan kapal nelayan Putra Barokah SN berada di perairan Kabupaten Karawang, Jabar.

Tim SAR gabungan pun dikerahkan menuju Kabupaten Karawang memantau perkembangan.

Kepala Kantor SAR Bandung,  Deden Ridwansah mengatakan,  pihaknya telah mengerahkan petugas untuk berada di Pantai Tanjung Sedari dan Sungai Cibuntu Karawang.

"Info dari PT Yukom sempat terdeteksi KM Putra Barokah SN berada di Perairan Karawang. Namun sinyal tersebut kembali hilang atau SOS," kata Deden dalam keterangan yang diterima detikJabar, Selasa (8/3/2022).

Selain memantau di dua titik lokasi, yakni Pantai Tanjung Sedari dan Sungai Cibuntu, SAR juga menerjunkan satu unit helikopter jenis dauphin. "Kita mulai melakukan pencarian dengan pantauan udara," kata Deden. (tr/Sumber:detik.com)