Menuju MotoGP Mandalika, Marc Marquez Terbang Bersama Ambisi

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 12/Mar/2022 00:23 WIB
Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju lintasan pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). Foto: kompas.com. Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju lintasan pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). Foto: kompas.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, telah menentukan target untuk balapan MotoGP Mandalika 2022.

Dalam pernyataannya, Marc Marquez berambisi memenangi balapan MotoGP Mandalika yang merupakan seri kedua dalam kejuaraan dunia musim 2022 tersebut.

Baca Juga:
Pernah Ngegas di Sirkuit Mandalika, Ternyata Kilometer Motor Jokowi Baru Segini

Rangkaian MotoGP Mandalika yang memiliki nama resmi Grand Prix (GP) Indonesia itu dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret mendatang.

Sebelum ini, Marc Marquez telah merampungkan seri pertama di Sirkuit Lusail, Doha, Qatar, pada 6 Maret 2022.

Baca Juga:
Pebalap MotoGP Morbidelli Ketinggalan Pesawat, Aipda L Dwi Prayitno Sang Penolong

Marc Marquez mengakhiri seri pembuka musim 2022 itu dengan finis di peringkat kelima. Dia tertinggal 4,099 detik dari Enea Bastianini (Gresini Racing) selaku pemenang seri MotoGP Qatar.

Setelah finis di peringkat kelima, Marc Marquez berhak membawa pulang 11 poin dari Sirkuit Lusail.

Baca Juga:
Usai MotoGP, Sirkuit Mandalika Mulai Dilirik Penyelenggara Balap Dunia

Marc Marquez tampak belum puas dengan torehan tersebut. Namun, baginya, memetik 11 poin lebih baik daripada terjatuh dan pulang tanpa raihan satu angka pun.

"Di Qatar saya memulai dengan strategi konservatif. Lebih baik meraih 11 poin daripada terjatuh," kata Marc Marquez dalam wawancara bersama Estrella Galicia, dikutip dari Marca.

"Itu sebabnya saya memilih ban soft, itu memberi saya lebih banyak peluang untuk mencapai finis," ujar Marc Marquez.

Meski bersyukur karena bisa meraih 11 poin, Marc Marquez mengatakan bahwa penampilan di Qatar belum cukup untuk membawa dirinya mendekati persaingan gelar juara pada musim 2022.

Bagi Marc Marquez, kemenangan adalah suatu keharusan untuk menjuarai MotoGP 2022 yang peta persaingannya terbilang merata.

"Tidak ada gunanya menyelesaikan semua balapan seperti yang saya lakukan di Qatar. Anda tidak bisa seperti ini untuk satu musim kejuaraan. Anda harus memenangi balapan," kata peraih enam gelar juara dunia kelas MotoGP tersebut.

Ketidakpuasan dalam diri Marc Marquez kemudian berevolusi menjadi ambisi.

Setelah mengakhiri MotoGP Qatar dengan finis di peringkat kelima, Marc Marquez memasang target tinggi untuk balapan di Sirkuit Mandalika.

Marc Marquez mengaku akan memikirkan kemenangan selama perjalanan menuju Indonesia.  

Dia bakal terbang bersama ambisi menuju MotoGP Mandalika. Sirkuit kebanggaan Tanah Air pun akan menjadi saksi perjuangan pebalap berjulukan The Baby Alien tersebut.

"Anda harus mengambil risiko. Di kelas MotoGP, saat ini, jika Anda memilih konservatif, Anda akan finis ke-10. Namun, jika mengambil sedikit risiko, Anda bisa finis kelima," ujar Marc Marquez.

"Ketika terbang ke Indonesia, saya akan memikirkan kemenangan," tutur Marc Marquez.

Menjelang seri kedua di Indonesia, Marc Marquez telah mengutarakan pendapatnya mengenai Sirkuit Mandalika.

Di mata Marc Marquz, lintasan Sirkuit Mandalika terbilang sederhana, tetapi situasi di sekitarnya membuat sirkuit menjadi lebih menghibur.

"Ini sirkuit simple (sederhana), di level lintasan. Kondisi (di sekitar lintasan) membuat sirkuit itu menghibur." ucap Marc Marquez.

Sebelumnya, Marc Marquez telah menjajal Sirkuit Mandalika pada tes pramusim, pertengahan Februari lalu.

Kala itu, catatan waktu lap terbaik yang diukir Marc Marquez di Sirkuit Mandalika adalah 1 menit 31,481 detik. (dn/sumber: kompas.com)