Jembatan Gantung di Lebak Banten Putus, 9 Siswa Terjatuh

  • Oleh : Fahmi

Senin, 14/Mar/2022 13:37 WIB
Foto: Jembatan gantung di Lebak, Banten, putus (Dok. Istimewa) Foto: Jembatan gantung di Lebak, Banten, putus (Dok. Istimewa)

LEBAK (BeritaTrans.com) - Sembilan siswa SMP 4 Cijaku jatuh saat hendak melintas di atas jembatan gantung Lebak Nangka, Desa Ciapus, Kecamatan Cijaku, Lebak. Mereka jatuh akibat tali jembatan terputus. 

Kejadian ini bermula ketika 14 siswa tengah berkemah pada Sabtu (12/2/2022) sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka hendak menyeberang jembatan gantung di atas Sungai Peucangpari. 

Baca Juga:
Jembatan Gantung Ambruk di Aceh Utara, Akses Warga Harus Mutar 18 Kilometer

Namun, tiba-tiba jembatan itu putus. Sembilan siswa yang sedang menyeberang terjatuh ke sawah dan mengalami luka ringan. 

"Betul, 9 orang luka ringan. Mereka baru mau nyeberang belum sampai di atas sungainya," ujar relawan BPBD Kecamatan Cihara, Rudaya, kepada awak media, Senin (14/3/2022). 

Baca Juga:
Diguyur Hujan, 3 Ruas Jalan di Jakarta Barat Tergenang Air

Rudaya mengatakan, pada saat kejadian cuaca sedang hujan deras. Kondisi jembatan sudah lapuk karena tidak mendapat perawatan sejak tahun 2011. Akibatnya, jembatan tidak mampu menopang beban di atasnya. 

Saat ini, sembilan siswa yang menjadi korban harus mendapat perawatan. Mereka dirawat di rumahnya masing-masing. 

Baca Juga:
6 Ruas Jalan di Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan Deras

"Iya dirawat di rumah masing-masing," tuturnya. 

Lebih lanjut, Rudaya menjelaskan jembatan tersebut merupakan akses satu-satunya Desa Ciapus, Kecamatan Cijaku dengan Desa Citepuseun, Kecamatan Cihara. Saat ini, warga Desa Ciapus tengah terisolir lantaran tidak ada akses alternatif bagi warga. 

"Warga belum bisa lewat nggak ada akses. Apalagi sekarang kondisi airnya sedang tinggi, kalau nggak tinggi bisa saja lewat," ucap Rudaya. 

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lebak Irfan Suyatufika mengatakan pihaknya tengah meninjau jembatan tersebut. Saat ini pihaknya belum dapat memastikan penyebab putusnya jembatan. 

"Iya kami masih di lokasi, masih meninjau. Nanti dikabari lagi ya," kata Irfan.(fhm/sumber:detik)