Perguruan Tinggi BPSDMP Bentuk Forum Studi

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 19/Mar/2022 15:58 WIB
Plt. Kepala BPSDMP, Heri Sudarmadji Plt. Kepala BPSDMP, Heri Sudarmadji

 

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) meningkatkan koordinasi dan kolaborasi pada seluruh unit kerja di lingkungan guna menghasilkan langkah-langkah konkrit pengelolaan pendidikan dan pelatihan di bidang transportasi yang profesional.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Workshop Peningkatan Kemampuan Digital Marketing

BPSDMP menggelar Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) dan Penandatanganan Deklarasi Forum Studi  Transportasi Darat dan Perkeretaapian, Forum Studi Perguruan Tinggi Transportasi Laut dan Forum Studi Pendidikan Vokasi Penerbangan. 

Kegiatan yang diselenggarakan sejak Jumat (18/3/2022) diikuti seluruh unit kerja di lingkungan BPSDMP dan dipimpin langsung Plt. Kepala BPSDMP, Heri Sudarmadji di Politeknik Pelayaran Surabaya. 

Baca Juga:
Di Upacara Pelepasan 152 Perwira BP3IP Jakarta, Sekretaris BPSDMP: Kita Pelaut Ulung

Heri mengimbau agar sinergi antara Perguruan Tinggi dijadikan salah satu alternatif yang dapat dilakukan dalam peningkatan mutu pendidikan dan peningkatan mutu lulusan. 

"Bagi lulusan perguruan tinggi vokasi seperti yang ada di lingkungan BPSDMP para peserta didik harus dibekali empat macam kompetensi yaitu Knowledge, Skill, Attitude dan Morality", urai Heri. 

Baca Juga:
233 Lulusan STIP Jakarta Dilantik di Museum Transportasi TMII

Pada Rakorpim ini akan dihasilkan rekomendasi tentang tata kelola pengelolaan keuangan, pengelolaan Sipencatar TA 2022, tata kelola S2/S3 bagi pegawai dan double degree 2022, tata kelola dan rencana pertukaran taruna masing – masing perguruan tinggi.

Selaib itu juga tata kelola akreditasi, magang dan penyerapan lulusan, tata kelola penyusunan bahan ajar, dan tata kelola admin perguruan tinggi. 

BPSDMP saat ini sedang menuju ke arah internasionalisasi prodi dan implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) sebagai tahapan jangka menengah dan panjang, tentunya hasil rekomendasi ini diharapkan mampu mendorong terwujudnya pencapaian arah BPSDMP kedepannya dengan lebih baik. 

"Kita bertempat dikorbisnis pendidikan dan pelatihan yang sama, belajarlah di tempat lain jangan gengsi, jangan cepat bangga dan puas dengan kondisi yang kita capai serta percaya atas kemampuan dan kekuatan UPT untuk maju bersama," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Plt. Kepala BPSDMP juga menyampaikan melalui pembentukan Forum Studi Transportasi Darat dan Perkeretaapian, Forum Studi Perguruan Tinggi Transportasi Laut, dan Forum Studi  Pendidikan Vokasi Penerbangan diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antartaruna, dosen, instruktur pada kegiatan pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang transportasi. 

Forum studi ini juga nantinya akan memperkuat hasil riset dengan kolaborasi dan kerja sama antarkampus melalui elaborasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga meningkatkan SDM dosen dan tenaga kependidikan dengan kegiatan pelatihan dan sharing resource, sehingga dapat menciptakan SDM transportasi yang profesional dan berstandar global. 

"Perguruan Tinggi juga harus menggali potensi-potensi yang dimiliki, kekuatan dan kebutuhan masing-masing sehingga dapat berkolaborasi, saling memperkuat, saling bertukar informasi dan pengalaman, tidak tersekat-sekat hanya matra darat dan perkeretaapian, laut dan udara sehingga dapat memberikan manfaat satu sama lain," ungkap Heri.

Dia juga meminta kepada seluruh Perguruan Tinggi di lingkungan BPSDMP  secara aktif melaksanakan kegiatan di bidang akademik atau kegiatan lainnya yang menunjang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang transportasi.

Seperti penyelenggaraan seminar nasional tahunan, membentuk kelompok-kelompok peneliti antar kampus dan industri sesuai rumpun keilmuan/prodi dan sosialisasi penerapan teknologi tepat guna dengan melakukan penyuluhan, pelatihan dan pendidikan kepada masyarakat DUDI secara berkelanjutan. 

"Selamat Bertugas bagi Pengurus Forum Studi Perguruan Tinggi masing - masing matra, kita harus menjadi garda terdepan dalam pengembangan inovasi dan pembentukan SDM transportasi yang kreatif melalui koordinasi dan kolaborasi dengan industri dalam menciptakan SDM unggul, profesional dan berPRESTASI", tutur Heri. 

Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi M.Sc menyampaikan hal senada bahwa deklarasi Forum Studi ini merupakan bagian dari upaya peningkatan dan pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga dengan forum studi ini akan memperkaya pengetahuan dan pengalaman serta wawasan sekaligus memperluas jejaring kolaborasi antarperguruan tinggi vokasi. 

Adapun Pengurus Forum Studi Perguruan Tinggi di Lingkungan BPSDM Perhubungan:
1. Ketua Forum Studi Transportasi Darat dan Perkeretaapian adalah Direktur Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI Madiun);
2. Ketua Forum Studi Perguruan Tinggi Transportasi Laut adalah Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar;
3. Ketua Forum Studi Pendidikan Vokasi Penerbangan adalah Direktur Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi. (omy)