MotoGP Indonesia: Cedera Usai Kecelakaan, Marquez Langsung Pulang ke Barcelona

  • Oleh : Redaksi

Senin, 21/Mar/2022 12:01 WIB
ebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez usai terjatuh melakukan warm up atau sesi pemanasan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Marc Marquez mengalami highside crash saat berupaya membelokkan motor RC213V di Tikungan 7. Foto: kompas.com. ebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez usai terjatuh melakukan warm up atau sesi pemanasan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Marc Marquez mengalami highside crash saat berupaya membelokkan motor RC213V di Tikungan 7. Foto: kompas.com.

LOMBOK TENGAH (BeritaTrans.com) - Pebalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, langsung kembali ke Barcelona untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Marc Marquez absen pada balapan MotoGP Mandalika atau Pertamina Grand Prix of Indonesia yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022).

Baca Juga:
Pernah Ngegas di Sirkuit Mandalika, Ternyata Kilometer Motor Jokowi Baru Segini

Rider yang identik dengan nomor 93 itu tidak bisa turun ke lintasan karena dinyatakan tidak fit setelah mengalami highside crash pada sesi warm up atau pemanasan.

Insiden tersebut terjadi saat Marquez berusaha membelokkan motor RC213V miliknya di Tikungan 7 Sirkuit Mandalika.

Baca Juga:
Pebalap MotoGP Morbidelli Ketinggalan Pesawat, Aipda L Dwi Prayitno Sang Penolong

Pebalap berjuluk The Baby Alien itu sempat terguling ke gravel, tetapi masih bisa berdiri dan berjalan didampingi para marshal.

Meski terlihat baik-baik saja, Marquez harus menjalani pemeriksaan medis di paddock sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit di Mataram, Lombok.

Baca Juga:
Usai MotoGP, Sirkuit Mandalika Mulai Dilirik Penyelenggara Balap Dunia

Direktur Medis MotoGP, Angel Charte, mengungkapkan bahwa Marc Marquez mengalami cedera kepala akibat kecelakaan tersebut.

Namun, dokter Angel Charte menegaskan kondisi Marquez tidak parah setelah dilakukan pemeriksaan radiologi.

"Marc baik-baik saja. Dia mengalami kecelakaan saat pemanasan yang mengakibatkan cedera kepala," kata Angel Charte, dilansir dari MotoGP.

"Awalnya kami memeriksanya di sini dan kemudian merujuknya ke rumah sakit di Lombok. Dia menjalani beberapa tes radiologi dan tidak ada yang parah," ujarnya.

"Sesuai kesepakatan dengan pebalap serta tim, dan fakta bahwa ini memerlukan pengamatan antara 12 dan 24 jam, staf medis MotoGP memutuskan dia tidak fit (untuk balapan)," kata dia.

Angel Charte kemudian menambahkan, Marc Marquez akan langsung kembali ke Barcelona untuk pemulihan.

"Marquez akan kembali ke Barcelona untuk pemeriksaan lebih lanjut," ujar Angel Charte, dilansir dari Antara.

Marc Marquez total mengalami kecelakaan empat kali selama di Sirkuit Mandalika pekan ini.

Marquez sekali mengalami crash pada sesi latihan bebas kedua (FP2) dan dua kali saat kualifikasi pertama (Q1).

Adapun Marc Marquez untuk sementara menempati peringkat ke-11 dalam klasemen MotoGP 2022 dengan koleksi 11 poin.

Jumlah poin itu didapat Marquez setelah finis kelima pada seri pembuka MotoGP 2022 di Qatar pada 6 Maret lalu. (dn/sumber: kompas.com)