Mantap, 1.391 Orang Terfasilitasi Akomodasi Gratis KM Kelud Selama MotoGP

  • Oleh : Naomy

Selasa, 22/Mar/2022 14:14 WIB
KM Kelud KM Kelud

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mantap, 1.391 orang terfasilitasi akomodasi terapung gratis KM Kelud di Mandalika selama helatan MotoGP.

Ini merupakan penugasan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan kepada PT Pelni (Persero) yang tersedia di kapal tersebut.

Baca Juga:
Semester I Tahun 2022, Penumpang Kapal Pelni Naik 155 Persen

Jumlah ini lebih dari yang melakukan reservasi online karena terdapat masyarakat yang datang langsung reservasi di pelabuhan karena kesulitan mendapatkan hotel.

"Akomodasi terapung yang berlangsung dari Kamis hingga Senin 17-21 Maret 2022 berhasil menjadi solusi bagi para penonton MotoGP Mandalika yang tidak berhasil mendapatkan penginapan karena tingkat keterisian yang melonjak," jelas  Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen Sartoto, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga:
Tingkatkan Kinerja, Menhub Minta Pelni Konsisten Berubah

Dia memberikan apresiasi kepada PT Pelni dan Pemerintah Propinsi NTB serta Pihak Terkait atas keberhasilan penyediaan akomodasi terapung dengan KM Kelud tersebut.

"Terima kasih kepada PT Pelni dan Pemerintah Propinsi NTB serta Pihak Terkait yang telah menjalankan tugasnya dan memberikan pelayanan yang totalitas sehingga semua berjalan sukses dan memuaskan.

Baca Juga:
Pelni Bersyukur Insiden Asap KM Ciremai di Pelabuhan Tanjung Priok Cepat Terkendali Berkat Bantuan Banyak Pihak

Capt Mugen mengungkapkan, selain menampung para penonton, akomodasi terapung juga menjadi tempat penginapan para support event seperti  TNI/POLRI/Personil Pengamanan (KPLP KSOP Lembar, Pangkalan PLP Tg. Perak, Security Pelindo Cab. Lembar, BNPT) serta Tim Pendukung (Shuttle Bus Driver, Poltekpar, Tim Media).

"Akomodasi terapung KM Kelud ini sangat membantu dan menjadi solusi atas kekurangan hotel atau sulitnya mencari tempat menginap pada perhelatan MotoGP yang merupakan perhelatan akbar internasional, yang tentunya digelar oleh tim support yang besar dan penonton yang sangat antusias," ungkap dia.

Usai menjalankan tugasnya menjadi akomodasi terapung, katanya, KM Kelud kembali bertolak sore ini menuju Pelabuhan Tanjung Priok untuk kembali melayani rute reguler Tanjung Priok-Batam-Tanjung Balai Karimun-Belawan pergi pulang (PP).

Akomodasi terapung KM Kelud mendapat apresiasi dan respon positif dari para penonton MotoGP, salah satunya adalah Alain Akbar asal Jakarta yang mengaku sangat terbantu dengan adanya fasilitas tersebut.

"Untuk KM Kelud ini terima kasih banget, kebantu kita dari jauh mau nonton MotoGP yang envgak dapet akomodasi hotel dan belum tahu sebelumnya kita mau menginep di mana di Mandalika ini. Sekarang difasilitasi dilayani gratis pelayanannya bagus, tempatnya bersih, keren banget," ujarnya.

Penonton lainnya, Febri yang datang dengan teman-temannya juga mengaku sangat terbantu dengan adanya akomodasi terapung KM Kelud. 

Karena selain sulit mendapat tiket MotoGP dia pun mengaku sempat kesulitan mencari penginapan.

"Kita dapat informasi (akomodasi terapung) dari teman sesama pencinta MotoGP dan mencari di google," ujarnya.

Febri mengungkapkan proses reservasi akomodasi terapung sangat mudah, hanya dalam hitungan jam dia sudah berhasil mendapat konfirmasi atas pemesanannya.

"Sangat dipermudah, lebih dari ekspektasi pelayanan dan fasilitasnya, bersih toiletnya, aman, pelayanan bagus, gratis pula dan dikasih fasilitas shuttle bus pula. Terpenting, di kapal Kelud, protokol kesehatan sangat diimpelentasikan," ungkapnya.

Dia berharap layanan akomodasi terapung dapat hadir kembali dia event-event akbar lainnya karena terbukti berhasil membantu masyarakat.

Penonton lainnya, Tri memberikan apresiasi kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan PT Pelni dengan adanya penyediaan akomodasi terapung ini beserta kemudahan lainnya.

"Saya sangat senang, masyarakat saya lihat sangat tertolong sekali dan bangga atas inisiatif dari pemerintah berupa akomodasi terapung yang gratis untuk mendukung MotoGP Mandalika ini," tutup Capt. Mugen. (omy)