Usai MotoGP, Sirkuit Mandalika Mulai Dilirik Penyelenggara Balap Dunia

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 23/Mar/2022 17:41 WIB
Saat Sandiaga memasuki ruangan Media Center. Foto: kompas.com. Saat Sandiaga memasuki ruangan Media Center. Foto: kompas.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pertamina Mandalika International Street Circuit diprediksi bakal semakin terkenal dan menjadi langganan ajang balap dunia.

Terlebih lagi, sejumlah penyelenggara global mulai tertarik membuat ajang balap di sirkuit yang berada di Pulau Lombok itu.

Baca Juga:
Pernah Ngegas di Sirkuit Mandalika, Ternyata Kilometer Motor Jokowi Baru Segini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, saat ini sudah banyak penyelenggara balap dunia yang tertarik dan berminat untuk menyelenggarakan event balap di Sirkuit Mandalika

Menurut dia, ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia benar-benar membuat mata dunia tertuju kepada Indonesia, tepatnya pada Pertamina Mandalika International Street Circuit di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca Juga:
Pebalap MotoGP Morbidelli Ketinggalan Pesawat, Aipda L Dwi Prayitno Sang Penolong

"Saat saya ingin menyerahkan pemenang Moto2, saya duduk dengan salah satu petinggi FIM yang menyatakan ada beberapa balapan tingkat internasional yang sudah menaruh perhatian kepada Mandalika," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, Senin (21/3/2022).

Mulai diliriknya Indonesia sebagai tempat untuk pergelaran internasional bukan tanpa alasan. Indonesia dianggap berhasil menyelenggarakan event balap kelas dunia.

Baca Juga:
Tarik Mang! Viral Video Marc Marquez Asik Joget Dangdut Bareng Penyanyi Indonesia

Bahkan, sirkuit yang berada di salah satu dari lima destinasi superprioritas Indonesia itu dianggap sebagai sirkuit dengan pemandangan tercantik di dunia.

"Jadi kunci dari keberlanjutan pengelolaan (sirkuit) Mandalika adalah pengelolaan event yang terus berlangsung, berkelanjutan. Kita harus gerak cepat, satu sampai dua pekan ini mungkin kita ingin evaluasi dan setelah itu mulai langsung (persiapkan)," kata Sandiaga.

Sebelum ajang MotoGP dimulai, organisasi FIM (Federasi Olahraga Sepeda Motor Dunia) juga menetapkan sirkuit tersebut dalam klasifikasi grade A berdasarkan hasil homologasi yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Tak heran jika banyak penyelenggara ajang balap dunia mulai melirik Sirkuit Mandalika, termasuk beberapa komunitas otomotif yang ingin menggagas test drive di dalam sirkuit yang tentunya akan dibarengi dengan standar keamanan yang tinggi.

Sandiaga menambahkan, hal itu tentu menjadi hal yang positif. MotoGP Mandalika 2022 menjadi nation brandingkuat yang akan memberikan dampak terhadap kebangkitan ekonomi nasional dengan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.

"Tapi, tentu kita harus review dulu hasil dari MotoGP ini. Perbaikan yang harus kita lakukan," ucap Sandiaga.

"Kita sudah siap karena selain dari kegiatan motor sport, baik itu mobil maupun balapan motor, juga akan ada tadi, seperti sepeda, lari, dan sudah banyak peminat yang ingin mencoba sport-sport tersebut," kata dia. (dn/sumber: kompas.com)