PTDI-STTD Gelar Festival UMKM Nusantara

  • Oleh : Naomy

Kamis, 24/Mar/2022 15:25 WIB
Gelaran UMKM Nusantara di PTDI-STTD Gelaran UMKM Nusantara di PTDI-STTD

BEKASI (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan, melalui Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) gelar Festival UMKM Nusantara sebagai kontribusi dalam memberdayakan UMKM yang berada di kawasan Jabodetabek, yang dibuka secara resmi oleh Penasehat Dharma Wanita Perhubungan Kementerian Perhubungan, Ibu Endang Budi Karya di Kampus PTDI-STTD, Bekasi, Kamis (24/3/2022).

“Seperti kita ketahui bersama, salah satu sektor yang sangat terpukul oleh pandemi Covid-19 adalah UMKM, yang juga mempengaruhi turunnya ekonomi Indonesia selama pandemi Covid-19, karena sektor UMKM memiliki kontribusi yang sangat besar dan penting dalam perekonomian nasional. Oleh karena itu, saya mengapresiasi kegiatan festival UMKM yang di selenggarakan PTDI-STTD ini," ungkap Ibu Endang saat membuka Festival UMKM Nusantara.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Transportasi Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Dia menjelaskan, festival UMKM yang diselenggarakan PTDI-STTD dengan tema “Bergandengan Tangan di Masa Pandemi” ini menjadi sangat relevan dengan upaya bersama dalam memastikan UMKM bangkit dan unggul dalam pasar lokal maupun global, kegiatan festival UMKM nusantara menjadi kegiatan yang tepat untuk mengakselerasi upaya perekonomian nasional melalui UMKM. 

Baca Juga:
BPSDMP Sampaikan Duka Mendalam Atas Wafatnya 1 Taruna STIP dan Evaluasi untuk Pembenahan Pola Pengasuhan

“Saya berharap melalui kegiatan ini para pelaku UMKM dapat memanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan kapasitas dan peningkatan penjualan sekaligus menjaga produktivitas UMKM Nusantara, karena UMKM Bangkit Indonesia Maju," urainya.

Senada dengan hal tersebut, Pelaksana tugas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Ir. Heri Sudarmaji juga menyampaikan Kegiatan ini adalah salah satu kontribusi BPSDMP melalui PTDI-STTD dalam upaya membantu para pelaku UMKM untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan bisnisnya agar dapat tumbuh kembang kembali.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Natuna

“Sebagai salah satu pilar perekonomian Indonesia, UMKM memiliki peran yang signifikan yaitu kontribusi besar terhadap PDB, penyerapan tenaga kerja dalam jumlah yang besar, namun banyak permasalahan yang dialami UMKM sehingga berakibat pada penurunan jumlah UMKM dan kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia akibat pandemi sejak 2020 lalu, seperti perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat, permasalahan tenaga kerja akibat PSBB, hambatan distribusi produk dan kesulitan bahan baku produksi," ungkap dia. 

Untuk mengantisipasi permasalahan diatas, lanjutnya Pemerintah telah berupaya untuk memajukan UMKM Indonesia melalui UU Cipta Kerja, Program PEN, KUR, Gernas BBI, Perluasan Ekspor Produk Indonesia melalui ASEAN Online Sale Day (AOSD).

“Upaya-upaya tersebut diharapkan dapat memajukan UMKM, meningkatkan jumlah UMKM di Indonesia dan tentunya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan demikian, semakin banyak lapangan pekerjaan yang dibuka sehingga angka pengangguran dan kemiskinan di negeri ini dapat menurun," tutur dia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PTDI-STTD Ahmad Yani melaporkan bahwa tujuan digelarnya kegiatan ini adalah selain untuk membantu pemulihan UMKM di masa Pandemi, juga bertujuan memupuk kecintaan dan kepercayaan masyarakat terhadap produk dalam negeri. 

“Selain itu juga sebagai ajang pertukaran informasi dan interaksi bisnis, serta memperkenalkan kewirausahaan kepada taruna/i agar dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan di wilayahnya masing-masing," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris BPSDMP, Dr. Capt. A. Arif Priadi juga mengapresiasi kegiatan Festival UMKM Nusantara yang diselenggarakan PTDI-STTD, dan diharapkan kegiatan ini merupakan wadah guna mencapai pelulang-peluang yang ada, yaitu sebagai promosi bagi para pelaku UMKM untuk mengenalkan serta memasarkan hasilhasil produk yang dimiliki dengan mengedepankan keaslian, dan keunikan budaya, serta menjadi ajang unjuk kinerja dan prestasi para pelaku UMKM.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong virtual oleh Penasehat DWP Kemenhub Ibu Endang Budi Karya, dengan didampingi oleh Pelaksana tugas Kepala BPSDMP, Direktur PTDI-STTD, Ahmad Yani, dan Ibu Neneng Yani.

PTDI- STTD Expo Festival UMKM NUSANTARA ini diisi oleh 62 tenant dalam  tiga kategori. (omy)