SUV Hadirkan Mobil Murah hingga Mewah Senilai Rp2 Miliar Lebih

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 25/Mar/2022 13:37 WIB
 Toyota New Fortuner GR Sport saat Test Drive di Edutown Arena, BSD, Tangerang Selatan, Jumat, Toyota New Fortuner GR Sport saat Test Drive di Edutown Arena, BSD, Tangerang Selatan, Jumat,

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Para agen tunggal pemegang merk (ATPM) kian serius dalam menggarap pasar otomotif di Indonesia. Belum genap tiga bulan, sedikitnya ada tujuh mobil baru yang resmi rilis di awal tahun ini.

Deretan mobil baru berasal dari banyak segmen, namun didominasi oleh MPV serta SUV. Harganya pun beragam, mulai dari Rp 200an juta untuk mobil MPV keluarga hingga miliaran seperti banyak digunakan para pejabat. Tentu mobil baru ini bakal menambah semarak pasar otomotif di Indonesia.

Baca Juga:
Viral Kakek `Pemulung` Bawa Karung ke Dealer, Ternyata Beli Mobil Cash!

13 Januari - All New Land Cruiser & New Fortuner

Toyota Astra Motor mengenalkan dua mobil SUV sekaligus pada 13 Januari 2022 silam, yakni All New Land Cruiser dan New Fortuner. 

Baca Juga:
Ayla Hadirkan BEV di GIIAS 2022, Speksifikasi Beda dari Biasa

Nama pertama merupakan SUV dengan harga di atas Rp 2 miliar, bahkan versi baru hampir tembus Rp 2,5 miliar atau di kisaran Rp 2,35 miliaran. Toyota berani memberikan harga tersebut karena kelas SUV makin diminati masyarakat Indonesia. Mobil ini kerap identik digunakan para pejabat.

"Bahkan dalam 10 tahun terakhir, kontribusi SUV Toyota terhadap total penjualan Toyota meningkat secara signifikan, dimana pada tahun 2011 masih sekitar 12%, namun di tahun 2021 sudah mencapai sekitar 35%. Kami bersyukur jajaran SUV yang kami hadirkan senantiasa mendapatkan respons yang baik di masyarakat Indonesia," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto.

Baca Juga:
Mobil Baru Non-LCGC Ini Harga di Bawah Rp 200 Juta

Untuk mesin, All New Land Cruiser kini mengadopsi mesin V6D-turbo yang dikembangkan dengan 3.346 cc untuk mencapai performa berkendara terdepan di kelasnya, serta mampu mengurangi konsumsi bahan bakar.

Toyota juga memperbarui All New Fortuner dengan kapasitas mesin "raksasa" yakni 2.800 cc dari sebelumnya hanya dua mesin yakni 2.400cc dan 2.700cc. Tambahan kapasitas mesin itu menjadi ancaman bagi pesaingnya Mitsubishi Pajero.

Toyota memperkenalkan New Fortuner yang kini dibekali dengan pilihan mesin diesel baru berkode 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler yang menghasilkan tenaga lebih besar hingga 203,9 PS pada 3.000 - 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 - 2.800 rpm. Sementara mesin 2GD-FTV 2.393 cc 4 silinder VNT Intercooler bertenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi 40,8 Kgm pada 1.600 - 2.000 rpm masih dimanfaatkan oleh Fortuner tipe lainnya.

Toyota juga melengkapi New Fortuner tipe GR Sport dengan sistem penggerak semua roda (4x4) yang memakai mesin diesel 1GD dan dilengkapi dengan fitur Easy 4x4 Switch serta fitur Downhill Assist Control (DAC). Dengan hadirnya tipe flagship dan mesin baru ini, kini New Fortuner memiliki delapan (8) tipe yaitu 2.8 4x4 GR Sport A/T, 2.8 4x2 GR Sport A/T, 2.8 4x2 VRZ A/T, 2.7 4x2 GR Sport A/T, 2.4 4x2 GR Sport A/T, 2.4 4x2 VRZ A/T, 2.4 4x2 G A/T, 2.4 4x2 G M/T.

8 Februari - New Corolla Altis

Toyota meluncurkan 2 varian dari mobil Sedan legendaris yaitu New Corolla Altis varian Bensin dan Hybrid Electric Vehicle (HEV). TAM mengklaim Kehadiran 2 varian terbaru dari New Corolla Altis menjawab kebutuhan mobilitas para pelanggan di segmen Sedan yang lebih prestigious karena dilengkapi dengan berbagai fitur yang lebih komplit dan menawarkan kenyamanan berkendara.

Sementara dengan kehadiran New Corolla Altis Hybrid yang juga telah mendapatkan sentuhan improvement, Toyota ingin semakin mempopulerkan kepada masyarakat Indonesia akan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

"New Corolla Altis merupakan wujud nyata komitmen Toyota untuk senantiasa menghadirkan Ever Better Cars yang didasari melalui semangat Let's Go Beyond. Sebagai wujud apresiasi kami kepada pelanggan, khususnya di segmen Sedan, Toyota menghadirkan New Corolla Altis yang kini tersedia dalam 2 (dua) pilihan mesin yaitu mesin bensin dan mesin berteknologi Hybrid," kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda.

Khusus untuk varian Hybrid, kini dilengkapi dengan advance feature sebagai exclusive feature, yaitu Wireless Charger di konsol tengah yang berguna untuk mengisi daya baterai telepon selular tanpa perlu kabel penghubung, sehingga memastikan pengendara tidak kehilangan jangkauan dengan dunia luar.

Kini fitur keselamatan Toyota Safety Sense 2 pada New Corolla Altis mengalami peningkatan lebih canggih. Sistem pada fitur Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dirancang untuk berfungsi pada kecepatan penuh 0 km/jam - 180 km/jam. Sensor radarnya dapat mendeteksi kendaraan hingga 120 m di depan dan mampu menjaga jarak dengan kendaraan di depan secara otomatis.

Toyota Safety Sense 2 pada New Corolla juga mendapatkan fitur terbaru yaitu Lane Tracing Assist (LTA) yang dapat membantu pengemudi menjaga agar mobil tetap berada di jalur yang ditandai jelas, dan terlebih dahulu menghindari masuk jalur yang tidak diinginkan. 

17 Februari - All New Voxy

Sepekan setelah meluncurkan All New Corolla Altis, TAM langsung merilis All New Voxy pada Kamis (17/2/22). Ada dua jenis mobil yang meluncur, yakni All New Voxy 2.0 CVT dengan harga Rp558,2 juta serta All New Voxy 2.0 CVT (Premium Color) seharga Rp561,2 juta.

Mobil ini kerap disebut-sebut sebagai adik Toyota Alphard dengan harga jauh lebih ekonomis, yakni setengah harga dari kakaknya yang mencapai Rp1,1 hingga Rp1,5 miliar.

All New Voxy hadir dengan sejumlah pembaruan, mulai dari desain, fitur, dan peningkatan performa dasar berkat platform dan mesin TNGA, termasuk juga dilengkapi teknologi keselamatan aktif baru yang advance yaitu Toyota Safety Sense 3.0 (TSS 3.0).

All New Voxy menjadi model TAM pertama yang mengadopsi platform dan mesin TNGA, serta didukung dengan teknologi Toyota Safety Sense 3.0.

"Kami bersyukur Voxy dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan mampu tampil sebagai market leader di segmennya. Secara total, Voxy telah membukukan penjualan retail lebih dari 13.000 unit, dan market share-nya pun stabil di level 70%. Sebagai bentuk apresiasi, hari ini kami hadirkan All New Voxy dengan platform, mesin, desain, dan teknologi baru. kami harap All New Voxy dapat menjawab kebutuhan pelanggan di segmen High MPV dan meneruskan perannya sebagai market leader," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto.

14 Maret - Kia Carens

Kia merilis model terbaru Kia Carens pada ajang Jakarta Auto Week 2022 pertengahan Maret lalu. Mobil inidapat bersaing di segmen MPV 7 penumpang, menantang Toyota Veloz hingga Kijang Innova.

"Kami perkenalkan KIA Carens di Indonesia untuk menghadirkan segmen dan tolak ukur terbaru sebuah MPV keluarga tujuh penumpang modern dengan tampilan sporty, ruang kabin lapang serta berbagai fitur berteknologi tinggi," ujar Andrew Nasuri, Presiden Direktur Kreta Indo Artha (KIA), sebagai pemegang merek Kia di Indonesia.

Di Indonesia, Carens dihadirkan dengan dua pilihan mesin yaitu Smarstream 1.4 T-GDI berbahan bakar bensin dan 1.5 CRDi VGT diesel.

Mesin Smartstream sudah dipadukan teknologi turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga 140 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 242 Nm mulai 1.500 rpm hingga 3.200 rpm. Transmisi yang digunakan otomatis DCT 7 percepatan untuk mendistribusikan daya ke roda depan.

Sementara CRDi, yaitu mesin diesel 1.5L dengan turbo, mampu menghasilkan tenaga maksimal 115 PS pada 4.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 1.500 - 2.750 rpm.

Mesin ini mendapatkan pilihan transmisi otomatis 6 percepatan yang mendistribusikan daya ke roda depan.

23 Maret - Honda HR-V

Setelah menjadi teka-teki selama beberapa waktu ke belakang, Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya resmi merilis All New HR-V pada, Rabu (23/3/22).

All New Honda HR-V berhadapan dengan beberapa lawan seperti Hyundai Creta yang sama-sama dibuat di Indonesia, kemudian Mazda CX-3 hingga Toyota Corolla Cross.

Ada empat tipe mobil ini, yakni All New Honda HR-V 1.5L S CVT (Rp 355,9 Juta), All New Honda HR-V 1.5L E CVT (Rp 379,9 Juta), All New Honda HR-V 1.5L SE CVT (Rp 399,9 Juta). Adapun varian tertinggi tipe RS dengan turbo hampir tembus Rp 500 juta, yakni All New Honda HR-V 1.5L Turbo RS (Rp 499,9 Juta). Harga tersebut on the road (OTR) Jabodetabek.

"Kami menargetkan penjualan sebanyak 35 ribu per tahun, sedangkan sejak 2015 mobil ini sudah terjual sebanyak 208.749 unit di Indonesia," kata Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor dalam konferensi pers, Rabu (23/3/22).

Mobil ini merupakan kali pertama bagi Honda di Indonesia, All New Honda HR-V hadir dengan varian RS dan mesin 1.5L VTEC TURBO yang lebih bertenaga. Selain itu, All New Honda HR-V kini juga telah dilengkapi dengan teknologi keselamatan Honda SENSINGTM di semua varian.

24 Maret Wuling New Cortez

Wuling Cortez mendapat penyegaran di Indonesia. Mobil MPV ini sekarang mendapat fitur canggih seperti di Almaz RS. Model terbaru dari Cortez ini mengusung tagline 'Inovating Comfort Zone'. Penyegaran dilakukan dari sisi fitur dan juga interior dalam kabin.

Baca: Wuling Vs Hyundai Ada Kuat di RI, Ini Ternyata Juaranya!
"Kami dengan bangga menghadirkan model terbaru Cortez dengan Wuling silver logo untuk pasar Indonesia. Ini merupakan bentuk komitmen Wuling untuk terus berinovasi dalam rangka memberikan yang terbaik bagi konsumen, sejalan dengan semangat Drive for a Better Life. Kini, New Cortez menjadi produk ketiga yang dilengkapi Wuling Indonesian Command (WIND) dan juga yang kedua mengaplikasikan Internet of Vehicle (IoV). Berkat dua inovasi ini New Cortez bisa dikatakan sebagai pionir Smart MPV dan konsumen sudah bisa mulai melakukan pemesanan," terang Han Dehong, Vice President Wuling Motors.

Untuk urusan dapur pacu, New Cortez masih menggunakan mesin yang sama, yakni 1.500 turbocharged 4-silinder segaris DOHC yang bisa memuntahkan tenaga sebesar 140 hp di 5.200 rpm, dan torsi 250 Nm pada 1.600 - 3.600 rpm.

Wuling merilis harga spesial Cortez CE Rp 287,3 juta, namun disubsidi PPnBM Wuling menjadi Rp 273,8 juta. Sementara versi New Cortez EX dijual Rp 325.650.000, namun dengan subsidi dari Wuling jadi Rp 310.650.000. (ds/sumber CNBCIndonesia.com)
 

Tags :