Kenalkan Kampus Transportasi Darat, BPSDMP Gelar Talkshow & Expo di Yogya

  • Oleh : Naomy

Rabu, 30/Mar/2022 07:00 WIB
Suasana expo BPSDMP di Yogyakarta Suasana expo BPSDMP di Yogyakarta


YOGYAKARTA (BeritaTrans.com)  - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Darat (PPSDMPD) menggelar Talkshow dan Expo Perguruan Tinggi Kementerian/Lembaga.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mensosialisasikan Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Tahun 2022. 

Baca Juga:
BPSDMP Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Poltekpel Malahayati Aceh

Kegiatan ini dibuka Kepala PPSDMPD Nahduddin, di Taman Budaya Yogyakarta, Selasa (29/3/2022). 

"Ini merupakan upaya BPSDMP untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat khususnya siswa/i SMA sederajat akan informasi Perguruan Tinggi Kementerian/Lembaga khususnya Kemenhub dengan berkolaborasi bersama Insan Muda Transportasi dan Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia," ujarnya.

Baca Juga:
Buka Rakornis, Kepala BPSDMP Ingatkan Pentingnya Kampus Harus Inovatif

Kegiatan diawali dengan Roadshow yang sebelumnya telah dilakukan di dua lokasi, yaitu Kota Pekanbaru dan Kabupaten Bogor. 

Berkaca dari pelaksanaan kegiatan tersebut ternyata masih banyak siswa/i SMA yang belum kenal dengan perguruan tinggi BPSDMP.

Baca Juga:
BPSDMP Dorong Kampusnya Tingkatkan Recovery Usai Pandemi

"Setelah diberikan gambaran dan pandangan terkait dengan perguruan tinggi, ternyata banyak diantara mereka yang tertarik untuk ikut serta mengikuti seleksi yang ada di perguruan tinggi kita," kata dia. 

Melalui kesempatan yang baik ini, BPSDMP menginformasikan bahwasa seluruh Perguruan Tinggi Kemenhub pada tahun 2022 ini akan membuka kesempatan kepada putra/i terbaik bangsa untuk dapat bergabung bersama guna menimba ilmu di Perguruan Tinggi Kemenhub melalui dua jalur yang akan dilakukan pada rekrutmen kali ini, yaitu Jalur Pola Pembibitan dan Jalur Mandiri.

"Waktu kita untuk mensosialisasikan perguruan tinggi kita sudah tidak lama lagi, karena pengumuman dan pendaftaran akan segera dibuka," ungkap Nahduddin.

Harapannya, kegiatan ini dapat memberikan gambaran kepada seluruh peserta yang hadir terkait dengan Peguruan Tinggi Kemenhub, khususnya di Lingkungan PPSDMPD, serta mampu mengunggah minat peserta yang hadir untuk dapat bergabung bersama perguruan tinggi Kemenhub.

Dia berharap kepada seluruh Taruna/i yang hadir dapat memberikan informasi serta gambaran terkait dengan perguruan tingginya, sehingga dapat menarik minat peserta yang akan hadir dalam Talk Show & Expo ini.

Senada dengan Kepala PPSDMPD, Sekretaris BPSDMP, Dr. Capt. A Arif Priadi di Jakarta juga menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu upaya BPSDMP untuk dapat lebih memperkenalkan Perguruan Tinggi di lingkungan Kemenhub kepada masyarakat luas dan menjaring  siswa/siswi terbaik lulusan SMA/Sederajat untuk mengenyam pendidikan di Kampus BPSDMP. 

"Hal ini dilakukan dalam upaya BPSDMP mencetak SDM transportasi yang unggul dimana nantinya para siswa yang bergabung akan dibekali dengan nilai-nilai PRESTASI yakni profesional, etika, standar global dan integritas," ulasnya.

Talkshow dan Expo Perguruan Tinggi Kementerian/Lembaga ini berlangsung selama dua hari 29 dan 30 Maret 2022 di Taman Budaya Yogyakarta mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB yang terbuka bagi masyarakat umum dan tidak dipungut biaya. 

Selain kegiatan expo yang diisi oleh Perguruan Tinggi Kemenhub matra darat, FMKI, dan UMKM Yogyakarta, di kegiatan ini juga diselenggarakan talkshow yang menghadirkan narasumber Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI) dan Direktur Perguruan Tinggi Kemenhub Matra Darat, yang terdiri Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD).

Direktur Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun, Direktur Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal, Direktur Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (Poltrans SDP) Palembang, dan Direktur Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali. (omy)