Pelindo Siap Gunakan Energi Ramah Lingkungan di Pelabuhan

  • Oleh : Naomy

Rabu, 30/Mar/2022 10:02 WIB
Suasana Pelabuhan Tanjung Priok Suasana Pelabuhan Tanjung Priok

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pelindo Regional II Head Guna Mulyana menegaskan bahwa pihaknya siap gunakan energi ramah lingkungan di Pelabuhan.

"Tekait program pelabuhan Pelindo ecoport kita melakukan pengeloaan kualitas air limbah kapal konsumsi energi operasi pelabuhan penanganan lalu lintas dan kebisingan," ujar Guna di Jakarta, Rabu (30/3/2022). 

Baca Juga:
Disambut EGM Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, KM Dobonsolo Angkut Pemotor Arus Balik Gratis Terakhir Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

Ini menurutnya, menjadi komitmen penerapan di lingkungan Pelabuhan dan tidak hanya di Tanjung Priok saja. 

"Kami melaksanakan kegiatan energi ramah lingkungan, ada beberapa program pertama elektrifikasi alat bongkar muat. Ini salah satu langkah untuk menerapkan. Kami tidak hanya menyediakan tapi juga penerapan dalam pelaksanaanya memerlukan support stakeholder pelabuhan," ungkapnya. 

Baca Juga:
Mantap, Pelindo Jasa Maritim Sediakan Bus Gratis untuk Angkut Pemudik yang Balik Ke Makassar

Penerapan ini juga tidak sederhana namun memerlukan investasi yang mahal, membutuhkan dukungan yang besar. Untuk pelaksanaanya, Pelindo menugaskan anak usaha PT Energi Pelabuhan Indonesia.

"Kami harapkan cara ini bisa menurunkan polusi udara di Pelabuhan Tanjung Priok. Terkait dengan penerapan yang ada di lingkungan pelabuhan ke depan kita mempunyai satu peraturan yang terkait lingkungan di pelabuhan," beber dia. 

Baca Juga:
Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Guna juga menegaskan bahwa Pelindo  mendukung forum ecoport untuk sosialisasikan bagaiman penerapan hemat energi di lingkungan, karena tidak hanya menjadi tugasnya namun juga pengelola pelabuhan sekaligus turut membantu suksesnya pelaksanaan itu. 

"Tentu saja Diharapkan bisa meningkatkan efiseinsi dan menjadi pelabuhan go global," tutupnya. (omy)