Jelang Angkutan Mudik, Bus Antarkota Di-ramp Check di Terminal Bekasi

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 06/Apr/2022 13:07 WIB
Petugas sedang melakukan ramp check pada bus yang beroperasi di Terminal Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/4/2022). Petugas sedang melakukan ramp check pada bus yang beroperasi di Terminal Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/4/2022).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Memasuki masa angkutan mudik, sejumlah armada bus yang beroperasi di Terminal Induk Kota Bekasi, Jawa Barat dilakukan ramp check. Kegiatan di situ, akan dilakukan beberapa hari, mulai 5 sampai 7 April 2022. 

Pemeriksaan dilakukan pihak pengelola terminal bersama Unit Pengujian Kendaraan Bermotor (UPKB) Kota Bekasi dan Badan Pengelola Transportasi Jabaodetabek (BPTJ).  

Baca Juga:
Operasi Zebra Lodaya di Kabupaten Bogor Dimulai 3 Oktober, Pengendara Nakal Siap-Siap Kena Tilang

Pada Rabu (6/4/2022), unit bus yang tengah parkir atau sedang melakukan menaikkan penumpag di pelantaran terminal tersebut tidak luput dari pemeriksaan petugas.  

"Ramp check di sini memastikan bahwa kendaraan laik jalan, demi keselamatan penumpang," kata Kasi Pembinaan Keselamatan Lalu Lintas UPKB Kota Bekasi, Sorah di lokasi, Rabu (6/4/2022). 

Baca Juga:
FKLLAJ Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat Rapat Koordinasi Bahas Pencegahan Kecelakaan

Sorah menjelaskan, setiap bus dilakukan pemeriksaan mulai dari SIM Pengemudi, STNK, surat uji Kir dan KPS yang dipastikan masih berlaku.  

Selanjutnya juga dilakukan pengecekan fisik seperti fungsi perlengkapan seperti kaca utama, wiper, rem, lampu-lampu, ban, klakson, perlengkapan palu untuk pecah kaca darurat dan surat-surat pengemudi. Dia juga menambahkan, jika bus memiliki kekurangan atau dipastikan tidak laik jalan, para kru dipersilahkan untuk melengkapai kekurangan tersebut dan melapor kembali.  

Baca Juga:
Presiden Jokowi Beri Menteri Ini `Kebebasan`, Percepat Infrastruktur

"Kita mengecek apakah ada kekurangannya, kelengkapan-kelengkapan safetynya, misalnya ada kurangnya kita suruh ganti atau lengkapi. Misalnya lampu mati, bannya gundul kita suruh ganti," kata Iwan.  

Ada juga yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan, yaitu seperti pengecekan spidometer, sabuk pengaman sampai pintu jendela, apar dan pintu keluar. 

Pengecekan dikatakan Sorah juga akan dilakukan menyusur ke terminal bayangan yang ada di Kota Bekasi, seperti Bulak Kapal, Pondok Ungu dan kawasan lain pada hari lainnya. Direncanakan pada 11 sampai 13 April 2022. 

Pengecekan ini untuk mempersiapkan armada menjelang datangnya masa mudik lebaran. Ke depan pihaknya juga akan memastikan para pengemudi sehat. "Ke depan akan ada cek urin sopir," ujar Sorah.(fhm)