Infrastruktur Jalan di Jateng dan DI Yogyakarta Siap Digunakan Mudik Lebaran 2022

  • Oleh : Taryani

Minggu, 10/Apr/2022 09:43 WIB
Ilustrasi perbaikan ruas jalan rusak di Provinsi Jawa Tengah. (Foto:Dok.detik.com) Ilustrasi perbaikan ruas jalan rusak di Provinsi Jawa Tengah. (Foto:Dok.detik.com)

SURAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah meningkatkan kesiapan infrastruktur jalan di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kesiapan tersebut telah dibahas dalam pertemuan dengan mitra kerja Komisi V DPR RI pada kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik ke Jawa Tengah, Kamis (7/4/2022).

Anggota Komisi V DPR RI yang juga ketua rombongan Kunker Spesifik,  Ir. Sudjaji mengapresiasi langkah-langkah persiapan mudik lebaran yang dilakukan seluruh mitra kerja.

“Terkait jalan tol dan jalan nasional sudah siap, ada semboyan Pak Menteri yaitu Salome Sapu lobang rame-rame, jadi inshaallah 10 hari sebelum lebaran jalan mulus” ucapnya.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DI Yogyakarta,  Wida Nurfaida berharap,  arus mudik dan balik lebaran berjalan dengan lancar. Tidak ada kendala,  baik bencana banjir dan longsor di jalan nasional maupun di jalan tol.

“Terus terang permintaan dari Komisi V DPR RI tadi untuk kelancaran mudik tentu kami BBPJN Jateng-DIY akan mendukung pelaksanaan mudik ini,” katanya.

Sebab lanjutnya kemungkinan besar animo mudik akan meningkat 2x lipat. Bahu jalan terus dirawat. Tim posko akan dimaksimalkan. Apalagi jika terdapat genangan air dan kondisi jalan berlubang. Kalau jalan berlubang harusnya tidak ada, karena target saya itu H-15, tegas Wida.

BBPJN Jawa Tengah-DI Yogyakarta tengah menyiapkan jalan nasional (nontol) sepanjang 1.769,14 km. Terdiri dari Lintas Utara, Tengah, Selatan, dan Pantai Selatan dengan kondisi Mantap 93,02%.

Sedangkan panjang jalan tol di kedua wilayah tesebut adalah 393,89 km. Dilengkapi 24 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) dengan rincian 12 TIP A dan 12 TIP B. 

 

Kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Jawa Tengah didampingi Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jateng dan DIY, Wida Nurfaida. (Foto.Dok.PUPR)

 

Guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik lebaran, Kementerian PUPR melakukan sejumlah penanganan jalan tol,  yaitu penanganan kerusakan jalan di sepanjang Jalan Tol Kanci - Pejagan, Pejagan - Pemalang dan Pekalongan – Batang.

Selain itu, peningkatan layanan pengguna jalan tol di Rest Area diantaranya area komersial untuk UMKM, toilet bersih, prasarana yang ramah disabilitas, fasilitas ibadah, dan penataan taman.

Turut hadir pada pertemuan tersebut Plh. Anggota BPJT Unsur Kementerian PUPR, Mahbullah Nurdin, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Agus Rudyanto, Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air BBWS Bengawan Solo Naryo Widodo.

Juga tampak Kepala SNVT PJSA Bengawan Solo R. Panji Satrio dan Pejabat Pembuat Komitmen 3.5 Provinsi Jawa Tengah Emy Eko Setiyawati. (tr/Sumber:PUPR)