Pelni Siapkan Kapal Dobonsolo dan Ciremai Dukung Mudik Gratis Sepeda Motor

  • Oleh : Naomy

Selasa, 19/Apr/2022 09:28 WIB
Armada PT Pelni untuk Mudik Gratis Armada PT Pelni untuk Mudik Gratis

JAKARTA (BeritaTrans.com)  - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) akan siapka  KM Dobonsolo dan KM Ciremai untuk mendukung pelaksanaan program mudik gratis sepeda motor tahun 2022 inisiasi Kementerian Perhubungan.

KM Dobonsolo dan KM Ciremai mampu mengangkut hingga 2.500 pemudik dan 1.250 unit motor.

Baca Juga:
Semester I Tahun 2022, Penumpang Kapal Pelni Naik 155 Persen

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taupik menyampaikan, setelah dua tahun tidak diselenggarakan program mudik gratis akibat pandemi Covid-19, tahun ini Pelni kembali terlibat dalam mendukung program Kemenhub di musim angkutan Lebaran. 

Adapun rute yang akan dilayani dalam program tersebut meliputi Jakarta - Semarang - Surabaya. 

Baca Juga:
Tingkatkan Kinerja, Menhub Minta Pelni Konsisten Berubah

"Pemudik dengan tujuan Semarang dan Surabaya dapat memanfaatkan program ini. Kendaraan motor dapat diangkut dengan kapal Pelni untuk dipergunakan di tempat tujuan," ungkap Opik, Selasa (19/4/2022).

Opik merinci pemberangkatan pertama akan dilakukan dengan KM Dobonsolo pada Selasa (26/4/2022) dan selanjutnya KM Ciremai pada Jumat (29/4/2022). 

Baca Juga:
Pelni Bersyukur Insiden Asap KM Ciremai di Pelabuhan Tanjung Priok Cepat Terkendali Berkat Bantuan Banyak Pihak

Sementara untuk arus balik pelayaran mudik gratis sepeda motor dimulai dari Surabaya pada Senin (9/5/2022) dengan KM Ciremai dan selanjutnya KM Dobonsolo pada Rabu (11/5/2022).

KM Ciremai dan KM Dobonsolo merupakan kapal berkapasitas 2.000 pax dengan tipe 3 in 1. Kapal tersebut tidak hanya dapat mengangkut penumpang saja, tetapi juga dapat mengangkut muatan barang dan kendaraan. 

Di masa angkutan Lebaran 2022, KM Ciremai melayari rute Tanjung Priok - Semarang - Surabaya - Makassar - BauBau - Sorong (PP). 

"Sementara KM Dobonsolo melayari rute Tanjung Priok - Semarang - Surabaya - Makassar - BauBau - Ambon - Sorong - Serui - Jayapura (PP)," katanya.

Sebagai informasi, pada program mudik gratis yang terselenggara di tahun 2019, PT Pelni telah mengantarkan sebanyak 11.007 orang pemudik dan membawa sebanyak 4.796 unit motor.

Pendaftaran mudik gratis sepeda motor dibuka mulai 18 hingga 24 April mendatang melalui website mudikgratis.dephub.go.id. 

Adapun identitas yang akan menjadi kode unik adalah nomor STNK dan KTP kepala keluarga. Pendaftar juga dapat membawa anak kecil berumur di bawah 10 tahun maksimal dua orang dengan menunjukkan Kartu Keluarga atau salinannya. 

"Peserta wajib melakukan verifikasi data maksimal tiga hari setelah pendaftaran. Apabila terlambat melakukan verifikasi, maka akan dimasukkan ke dalam daftar tunggu dan bila kuota telah terisi penuh maka belum dapat mengikuti program ini," terangnya.

Pendaftaran juga dilakukan secara offline di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok serta di halaman Kantor Pusat Kementerian Perhubungan mulai 22 hingga 24 April.

Untuk mengikuti program tersebut, beberapa persyaratan yang harus dipatuhi oleh pemudik adalah :
1. Memiliki STNK dan SIM yang sah
2. Kondisi motor layak jalan
3. Tidak boleh ada modifikasi/aksesoris tambahan pada kendaraan yang dapat mengganggu proses lashing (pengikatan kendaraan pada kapal)
4. Harus ada penyangga/standar tengah (standar dua)
5. Harus dilengkapi dengan pegangan belakang
6. Ukuran roda dan ban standar atau sesuai spesifikasi pabrik
7. Tidak diperbolehkan adanya box samping kiri, kanan, maupun belakang
8. Jumlah helm harus sesuai jumlah penumpang
9. Bensin sepeda motor pada saat diangkut harus dalam keadaan maksimal 1 (satu) liter/motor
10. Kunci motor dapat dititipkan kepada petugas/panitia pelaksana. (omy)