Demo 21 April, Polisi Tutup Jalan Menuju Istana dan DPR Mulai Pukul 9 Pagi

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 21/Apr/2022 08:22 WIB
ANTARA/Akbar Nugroho Gumay Suasana di depan Istana Merdeka ANTARA/Akbar Nugroho Gumay Suasana di depan Istana Merdeka

Jakarta (Beritatrans.com) - Polda Metro Jaya akan menutup arus lalu lintas di sekitar Istana Merdeka dan gedung DPR RI mulai pukul 09.00 untuk mengantisipasi demo 21 April pagi ini.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di tiga titik, yakni Patung Kuda, DPR/MPR RI, dan Harmoni. Pengalihan arus lalu lintas ini untuk penertiban selama demo BEM UI dan sejumlah elemen masyarakat.

Baca Juga:
Viral Gegara Parkir Mobil Ngaku Polisi, Ternyata Pensiunan Pegawai Bank

“Ada beberapa rekayasa lalu lingas yang akan kami berlakukan sejak pagi, mungkin sekitar pukul 09.00 atau 10.00,” kata Sambodo pada Rabu, 20 April 2022.

Di kawasan Patung Kuda, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan melakukan penutupan jalan di depan gedung Sapta Pesona. Jalan di seputaran Istana Merdeka, Harmoni, dan Gambir yang menuju ke Istana juga akan ditutup, termasuk Jalan Veteran I, II, dan III.

Baca Juga:
24 Bandar Judi Digulung di Jateng, Kapolda Jateng: Wujud keseriusan Polri dalam Harkamtibmas

Kawasan di depan DPR/MPR RI atau Jalan Gatot Subroto arah Slipi, akan ditutup untuk menghindari kericuhan seperti demo 11 April. Jalan di depan gerbang utama DPR RI akan ditutup.

Baca Juga:
Labfor Polri Masih Terus Periksa HP dan CCTV Kasus Brigadir J Secara Scientific Crime Investigation

“Di depan DPR akan ditutup untuk mencegah aksi anarkistis seperti kemarin. Maka dari pagi akan kami tutup dan sisakan satu jalur busway,” kata Sambodo.

Ia juga mengatakan kepolisian akan memasang water barrier di kawasan tersebut dan mengimbau masyarakat menghindari kawasan DPR/MPRI RI dan Istana Negara sejak pagi.

“Kemungkinan sejak pagi kami lakukan rekayasa lalu lintas karena akan dipasang water barrier dan security barrier. Jadi memang harus dibentang dan ditutup,” kata Kombes Pol Sambodo.

Sementara untuk rekayasa lalu lintas di Harmoni, Sambodo menuturkan, pihaknya akan mempertimbangkan penutupan secara kondisional. Namu ia memastikan lalu lintas di depan Sapta Pesona ditutup sehingga Harmoni kemungkinan akan terdampak penutupan.

“Untuk Harmoni sendiri kemungkinan nanti lihat perkembangan situasinya seperti apa. Situasional. Tetapi kalau di Sapta Pesona ditutup, maka Harmoni juga harus ditutup,” katanya.

Penutupan lalu lintas akan dilakukan secara bersamaan. Namun apabila massa berunjuk rasa dan menutup persimpangan Harmoni, maka kendaraan dari Jalan Surya Pranoto akan dialihkan polisi ke kiri atau ke arah Glodok.

“Yang dari arah Glodok semuanya kami belokan ke kiri, ke arah Jalan Veteran. Sedangkan yang dari Kalan Veteran kami arahkan lurus ke arah Tomang,” ujarnya.

BEM UI dan Aliansi Mahasiswa Indonesia demo hari ini 

Polda Metro Jaya telah menerima surat pemberitahuan rencana unjuk rasa yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia atau BEM UI pada Kamis, 21 April 2022.

"Sudah," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Endra Zulpan saat dihubungi, Rabu, 20 April 2022.

Rencana demo mahasiswa itu digelar bersama dengan demo Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI). Demo akan digelar di tiga titik di antaranya Patung Kuda, Gedung DPR/MPR RI, dan kawasan Harmoni.

BEM UI memastikan menggelar demonstrasi pada Kamis, 21 April 2022. Demo itu bakal digelar bersamaan dengan AMI di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Demo 21 April ini akal digelar sekitar pukul 11.00 atau 12.00. Para mahasiswa dari berbagai kampus juga akan datang dan langsung menuju lokasi aksi di depan Istana Merdeka.   (ny/Sumber: Tempo co)