Hadapi Angleb, Ditjen Hubla Uji Petik Kelaiklautan Kapal di Pelabuhan Ambon

  • Oleh : Naomy

Kamis, 21/Apr/2022 15:39 WIB
Uji petik.kapal di Pelabuhan Ambom Uji petik.kapal di Pelabuhan Ambom


AMBON (BeritaTrans.com) - Hadapi angkutan Lebaran, Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan uji petik kelaiklautan kapal di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon.

Ini merupakan salah satu pelabuhan yang ramai dipadati para penumpang berangkat maupun yang tiba untuk melakukan perjalanan mudik.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Monitoring dan Evaluasi Pelayaran Rakyat di Bulukumba

Dalam rangkaian uji petik kali ini KSOP Ambon menerjunkan tim Marine Inspector (MI) untuk membantu tim dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan memastikan kondisi dan fisik kapal layak layar, sehingga kapal-kapal tersebut dapat melayani para pemudik.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Ahmad Wahid mengatakan, uji petik merupakan komitmen kami untuk menjamin kelancaran dan keselamatan transportasi khususnya pelayaran menjelang angkutan lebaran.

Baca Juga:
Dirkapel Kukuhkan 32 Marine Inspector dan 29 Asisten MI

"Kegiatan ini adalah wujud kepedulian pemerintah akan keselamatan pelayaran salah satunya dengan melaksanakan uji petik atau uji kelaiklautan kapal yang kali ini digelar di Pelabuhan Ambon yang diaksanakan 20 sampai dengan 22 April 2022," ujarnya, Kamis (21/4/2022).

Adapun kapal yang di uji petik KM. Sabuk Nusantara 107, KM. Express Prescilia 99 dan beberapa kapal lainnya di Pelabuhan Ambon dan Pelabuhan Tulehu yang dilaksanakan secara random terhadap kapal-kapal Penumpang yang akan mendukung pelaksanaan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2022/ 1443H.

Baca Juga:
Kemenhub Kukuhkan 32 Marine Inspector dan 29 Asisten MI

"Uji petik ini di antaranya memeriksa dokumen Kapal dan sertifikat awak kapal, pengujian sarana emergency di atas Kapal, sarana radio komunikasi serta hal terkait keselamatan kapal yang Wajib dipenuhi oleh operator kapal," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor KSOP Ambon, Ferra Juliana Alfaris menegaskan, bila dalam pelaksanaan uji petik terdapat temuan, pihak operator kapal akan diberi sanksi teguran dan memperintahkan agar para operator kapal segera melengkapi dokumen kapal dan alat-alat keselamatan.

KM. Sabuk Nusantara 107 rencana berangkat 23 April 2022 dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon ke Pelabuhan tujuan Tehoru, Werinama  Kelmuri, Geser, Bula, Gorong, Kasui pulang pergi.

"Sebelum keberangkatan kapal harus selalu mengikuti aturan protokol kesehatan, dengan harapan mudik tahun ini mudik sesuai Tagline #mudikamanmudiksehat," ujar dia.

Sebagai informasi, pelaksanaan uji petik ini didasari Instruksi Dirjen Perhubungan Laut Nomor IR-DJPL I Tahun 2022 dan SK Dirkapel No. KP-DK 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Pelaksanaan Kegiatan Pengendalian Transportasi Laut Pada Masa Idul Fitri 1443 H Tahun 2022.

Pemeriksaan dilakukan meliputi banyak hal, khususnya terkait kelaiklautan dan keselamatan kapal yang akan digunakan sebagai sarana angkutan dalam arus mudik dan arus balik pada Hari Raya Idul Fitri Tahun ini. (omy)