Dirjen Hubdat Budi Lepas Peserta Pesepeda Mudik Gowes Aman dan Sehat

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 22/Apr/2022 21:03 WIB
Pwserta mudik menggunakan sepeda dilepas secara resmi oleh Ditjen Perhubungan Darat, Kemenhub dari kantor Kemenhub di Jakarta, Jumat (22/4/2022) malam. Pwserta mudik menggunakan sepeda dilepas secara resmi oleh Ditjen Perhubungan Darat, Kemenhub dari kantor Kemenhub di Jakarta, Jumat (22/4/2022) malam.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam hal ini diwakilkan oleh Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi melepas peserta mudik menggunakan sepeda dari Kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (22/4/2022) malam. 

Baca Juga:
PTDI Kelola Museum Transportasi Indonesia, Jadi Pusat Sejarah Kendaraan Listrik di RI

"Jadi saya hari ini terima kasih kepada Bike to Work yang menginisiasi beberapa anggotanya dan mungkin berangkali masyarakat untuk mudik menggunakan sepeda," ujar Dirjen Budi Setiyadi saat pelepasan di kantornya, Jumat (22/4/2022). 

Budi mangungkapkan dirinya juga tidak menyangka antusias pemudik menggunakan sepeda dalam gelaran Gowes Aman dan Sehat di masa Angkutan Lebaran 2022 ternyata banyak diminati. 

Baca Juga:
Ada KTT G20, Pengaturan Lalu Lintas di Bali Berjalan Lancar

"Ternyata hari ini ada 170 sepeda yang akan melaksanakan mudik dari Jakarta sampai dengan tujuan masing-masing. Dan saya mengapresiasi terhadap pesepeda ini,mudah mudahan ini bukan hanya pulang mudik saja, namun ada semangat yang tercermin dalam mudik menggunakan sepeda," sambung Dirjen Budi. 

Menurutnya sepeda bukan hanya kebiasaan atau hobi, bersepeda hari ini sudah menjadi gaya hidup untuk sehat dan menjadi kendaraan ramah lingkungan untuk menekan polusi udara. 

Baca Juga:
Jelang Perhelatan KTT G20 di Bali, Kemenhub Simulasi Layanan Bus Listrik

Budi juga menjelaskan, pihaknya selama ini sudah mengkampanyekan bertransportasi menggunakan sepeda secara masif. Juga Pemerintah pusat sudah mendorong provinsi di setiap kabupaten kota untuk menyiapkan jalur khusus pesepeda  

"Jadi untuk itu Kementerian Perhubungan, Direktorat Perhubungan Darat sudah juga memfasilitasi terkait peraturan Menteri dan juga kita mendorong beberapa provinsi, pemerintah kabupaten kota untuk menyiapkan jalur bagi  pesepeda khusus. Dan saya bersyukur semenjak tahun 2020 kemarin, kita cukup masif kampanye dan cukup banyak juga pemerintah kabupaten kota yang menyiapkan jalur pesepeda," sebutnya. 

Dikatakanya pula, Kementerian Perhubunagn telah menyiapkan anggaran kepada Pemerintah Daerah yang memang berminat dan berkomitmen untuk warganya bersepeda, seperti untuk pembangunan jalur khusus sepeda. 

"Dan juga setiap tahun dari Kementerian  Perhubungan, kita juga menyiapkan anggaran untuk membantu Pemerintah Daerah yang mungkin berminat dan memiliki komitmen dan konsen baik untuk mendorong pesepeda untuk kita siapkan juga jalur sepeda," ujarnya Budi. 

Dia menambahkan, pihaknya menyambut baik kegiatan tersebut dan dia beharap semangat pesepeda yang mudik menjadi seluruh masyarakat. 

"Untuk itu atas nama Pak Menteri Perhubungan kami menyambuat baik adanya kegiatan ini dan kita harapkan mudah-mudahan semangat yang tercermin dari pesepeda ini akan mensemangati kita semuanya. Mudik gowes adalah mudik yang sehat aman dan juga nyaman," pungkasnya. 

Turut mendampingi pelepasan kegiatan Gowes Aman dan Sehat di Masa Angkutan Lebaran 2022 yaitu Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Risal Wasal, Direktur Prasarana Transportasi Jalan Danto Restyawan, Inspektur Jujum Endah Wahyuningrumdan, Direktur Angkutan Jalan Suharto dan lainnya. 

Sebelumnya kegiatan diawali dengan berbuka puasa bersama peserta dan diisi oleh penceramah kondang Dik Doang.(fhm)