Ditjen Hubdat Siagakan 11 Mobil Patroli Gratis Pelayanan Masyarakat

  • Oleh : Naomy

Selasa, 26/Apr/2022 18:50 WIB
Mobil patroli Ditjen Hubdat Mobil patroli Ditjen Hubdat

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menjelang masa Angkutan Lebaran (Angleb) 2022, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyediakan sebanyak 11 mobil patroli pelayanan masyarakat gratis.

Baca Juga:
Kemenhub: Penggunaan Sabuk Pengaman Wajib Saat Berkendara!

Kendaraan ini disiapka  guna memberikan pelayanan serta membantu pemudik yang mengalami kesulitan di jalan. 

"Adapun waktu pelayanannya untuk arus mudik dimulai 24 April-2 Mei 2022 dilanjutkan saat arus balik mulai 3-11 Mei 2022," jelas Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi di Jakarta, Selasa (26/4/2022).
 
Sebagai bentuk kesiagaan pemerintah dalam mendukung Angkutan Lebaran yang aman dan sehat, Ditjen Perhubungan Darat menyediakan 11 mobil patroli yang dilengkapi dengan peralatan penunjang kendaraan disertai juga tim kompeten yang akan membantu.

Baca Juga:
Dirjen Hubdat Bagikan Tips Aman Bagi Pemudik Saat Gunakan Lajur Contraflow

Untuk peralatan penunjang yang disediakan dalam mobil patroli pelayanan berupa Bahan Bakar Minyak (BBM), kunci-kunci, kabel jumper atau sling, dongkrak, makanan, serta minuman kemasan.

"Mobil patroli pelayanan terbagi dalam beberapa rute yang menjadi prioritas jalur patroli pelayanan masyarakat," ujarnya.

Baca Juga:
Dirjen Hubdat Sampaikan Duka Cita Kecelakaan di KM 58 Tol Japek: Utamakan Keselamatan!

Dalam pelaksanaannya, Ditjen Hubdat bekerjasama dengan pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan tiga Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD).

Adapun ketiga BPTD tersebut yakni BPTD Wilayah IX Provinsi Jawa Barat, BPTD Wilayah X Provinsi Jawa Tengah-DIY, dan BPTD Wilayah VII Provinsi Banten.

"Untuk tim Ditjen Hubdat terdiri dari empat tim dengan empat rute yakni Lintasan Karawang-Subang, Lintasan Indramayu-Cirebon, Lintasan Brebes-Pemalang, dan Lintasan Pekalongan-Semarang," urai Dirjen Budi.

Selain itu Dirjen Budi menjabarkan, BPTJ terdiri dari dua tim dengan rute Lintasan Jakarta-Bekasi dan Lintasan Jakarta-Tangerang, BPTD Jabar terdiri dari dua tim dengan rute Lintasan Purwakarta-Bandung (Nagrek) dan Lintasan Limbang-Banjar, BPTD Jateng-DIY terdiri dari dua tim dengan rute Lintasan Semarang-Yogyakarta dan Lintasan Pejagan-Yogyakarta, dan BPTD Banten terdiri dari satu tim untuk Lintasan Serang-Merak.

Dia berharap, disediakannya mobil patroli pelayanan dapat melayani masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan baik, aman, dan masyarakat diimbau tetap terapkan protokol kesehatan. (omy)