Masuki H-5, Ribuan Pemudik Padati Terminal Kalideres

  • Oleh : Naomy

Kamis, 28/Apr/2022 04:31 WIB
Menhub sapa pengemufi bus yang akan antar pemudik Menhub sapa pengemufi bus yang akan antar pemudik


JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ribuan pemudik padati Terminal Bus Kalideres, 
Jakarta Barat di H-5 Lebaran.

“Sejak sabtu lalu, jumlah penumpang terus mengalami kenaikan. Sekarang rata-rata di atas seribu, yang biasanya hanya ratusan penumpang. Kami apresiasi masyarakat yang sudah mengikuti anjuran pemerintah untuk mudik lebih awal,” jelas Menhub, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga:
Persiapan Lebaran 2023, Jasa Raharja, Kemenhub dan Korlantas Polri Survei Jalur Pantai Selatan

Menhub mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan mudik tahun ini secara cermat dan hati-hati, mengingat animo masyarakat yang tinggi untuk mudik, setelah dua tahun tidak mudik dampak pandemi.

“Dari sisi aspek keselamatan, kami telah lakukan ramp check untuk memastikan kelaikan bus. Selain itu pengemudi juga diperiksa kesehatannya. Kalau sakit tidak boleh berangkat,” ungkapnya.

Baca Juga:
Ditjen Perkeretaapian, BPTJ, dan Baketrans Raih Penghargaan Penerapan SAKIP Terbaik

Terkait tarif bus, Menhub mengungkapkan, akan menindak tegas PO Bus yang memasang tarif bus kelas ekonomi atau regular, tidak sesuai atau melebihi dari tarif batas atas yang telah ditetapkan. 

“Namun untuk bus yang premium, tarifnya ditentukan oleh mekanisme pasar,” ujarnya.

Baca Juga:
Menhub: Pergerakan Penumpang Angkutan Umum di Libur Nataru Meningkat 71,09%

Pada kesempatan yang sama, Ditlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan,  pihak Kepolisian siap menjamin keamanan para pemudik baik ketika menunggu di dalam terminal maupun selama dalam perjalanan.  

“Kami akan menjamin keamanan dari para pemudik baik ketika menunggu di terminal maupun selama dalam perjalanan sampai ke tempat tujuan,” kata Sambodo.  

Dia bilang, sejak pagi sudah terjadi peningkatan kepadatan arus lalu lintas, tidak hanya pada ruas tol juga terjadi pada jalur arteri. 

Menurutnya, hal ini sejalan dengan anjuran pemerintah agar masyarakat dapat mudik sebelum 28 April 2022.. 

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut pihaknya telah mengoperasikan sebanyak tujuh terminal bus meliputi Terminal Bus Kalideres, Tanjung Priok, Pulogebang, Kampung Rambutan, Lebak Bulus, Grogol, dan Terminal Bus Angke selama masa Angkutan Lebaran tahun ini. 

Tidak hanya fasilitas naik-turun penumpang, pihaknya telah mempersiapkan fasilitas kesehatan terutama untuk memfasilitasi caloin penumpang yang belum memeroleh vaksin dosis pertama, kedua, maupun vaksin booster sebagai salah satu syarat perjalanan. 

Turut hadir mendampingi Menhub Pangdam Jayakarta Mayjend TNI Untung Budiharto, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dan sejumlah pejabat terkait. (omy)