Tren Kenaikan Penumpang KRL Terus Meningkat Jelang Idul Fitri

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 28/Apr/2022 15:51 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 jumlah penumpang KRL Jabodetabek mengalami peningkatan. Hal itu disampaikan oleh VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Kamis (28/4/2022). 

Pada pekan ini, KAI Commuter mencatat rata-rata volume penumpang sebanyak 627.906. Data tersebut naik sebesar 12% jika dibandingkan rata-rata volume pengguna pada minggu kemarin yaitu sebanyak 560.715 penumpang per harinya.  

Baca Juga:
Dorong Cashless Society, 26 % Penumpang KRL Yogya-Solo Sudah Gunakan QR Code

"KAI Commuter juga mencatat selama minggu ini, stasiun dengan rata-rata pertambahan volume pengguna terbanyak adalah Stasiun Tanah Abang dengan rata-rata volume pengguna sebanyak 44.890 pengguna atau naik 13% dibanding rata-rata pengguna pada minggu lalu yaitu sebanyak 39.830 pengguna," ujar Anne pada keterangan resminya.


Anne menambahkan, untuk rata-rata total penumpang KRL yang masuk dan keluar di Stasiun Tanah Abang pada akhir pekan lalu, tercatat masing-masing sebanyak 50.457 dan 53.245 penumpang. 

Baca Juga:
Jelang Ditinjau Presiden Jokowi dan Xi Jinping, Menhub Cek Progres Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

KAI Commuter mengoperasikan 1.053 perjalanan KRL per hari yang dimulai pukul 04.00-24.00 WIB. 

KAI Commuter menghimbau kepada seluruh pengguna untuk dapat memanfaatkan dalam menggunakan KRL dari jadwal-jadwal perjalanan KRL di luar jam-jam sibuk tersebut. 

Baca Juga:
Kembangkan Sistem Integrasi Pembayaran, KMT Jadi Pilihan Utama Tiket KRL Yogya-Solo

"Persebaran pengguna KRL pada satu minggu terakhir, juga masih terfokus pada jam sibuk pagi hari mulai pukul 06.30 – 08.30 WIB dan jam sibuk sore hari pukul 16.30 – 18.30 WIB," ujar Anne. 

Anne menambahkan, potensi kenaikan penumpang KRL di luar jam-jam sibuk tersebut juga dapat dimungkinkan seiring dengan tren kenaikan volume pengguna KRL. Untuk itu KAI Commuter mengimbau kepada pengguna KRL, untuk selalu mempersiapkan dan mengatur waktu perjalanannya. 

Untuk mengakomodir pelonjakan penumpang jelang Lebaran, KAI Commuter juga mengoperasikan 94 rangkaian KRL yang terdiri dari 30 rangkaian dengan stamformasi (SF) 12, 45 rangkaian SF 10, dan 19 rangkaian SF 8. 

"Dengan kesiapan Sarana tersebut, kapasitas angkut pengguna KRL selama masa angkutan lebaran bisa melayani 1.079.200 pengguna per hari khusus di wilayah Jabodetabek," sebut Anne. 

KAI Commuter masih memberlakukan pembatasan kuota pengguna sebanyak 60%, syarat vaksinasi dengan menunjukkan sertifikat vaksin atau melalui aplikasi Peduli Lindungi sesuai Surat Edaran Menteri Perhubungan No. 39 Tahun 2022. 

KAI Commuter terus mengajak seluruh masyarakat yang akan bepergian menggunakan KRL khususnya di masa angkutan Lebaran ini dapat mengatur perjalanannya dengan menghindari waktu yang berpotensi menimbulkan kepadatan. 

"Segera ikuti vaksinasi booster sehingga aman saat bersilaturahmi bersama keluarga serta terhindar dari penularan Covid-19. Tetap disiplin protokol kesehatan agar mudik aman dan sehat," pungkas Anne.(fhm)