Angkutan Umum di Aceh Pilih Setop Layani Penumpang Saat Lebaran

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 01/Mei/2022 11:45 WIB
Terminal Tipe B Aceh Tamiang melayani naik turun penumpang. Terminal Tipe B Aceh Tamiang melayani naik turun penumpang.

KUALASIMPANG (BeritaTrans.com) - Beberapa agen dan mobil angkutan umum akan setop operasional saat hari Lebaran Idul Fitri. Hal itu terjadi pada mobil dan agen yang ada di Aceh. 

Liburnya angkutan umum akan terjadi beberapa hari, dari dua hari sampai tiga hari. Para sopir dan agen mengungkapkan memilih tidak beroperasional lantaran tidak adanya penumpang di hari raya nanti. 

Baca Juga:
Daftar Tarif Angkutan Umum di Terminal Trunojoyo Sampang Usai Kenaikan Harga BBM, MPU Sampai AKAP

"Tiga hari lebaran baru jalan (narik) lagi, penumpang juga kalau lebaran enggak ada," kata pengemudi angkutan umum L300 jurusan Kualasimpang-Takengon, Ramadan di Terminal Aceh Tamiang, Ahad (1/5/2022). 

Pengemudi tersebut juga akan memanfaatkan libur Hari Raya untuk mengunjungi dan Bersilaturahmi dengan keluarga. Mereka akan beroperasi kembali setelah penumpang dirasakan akan mulai ada kembali. 

Baca Juga:
Sejauhmanakah Keberpihakan Masyarakat pada Transportasi Umum?

"Karena enggak jalan, kita Hari Raya saja lah sama keluarga. Habis ini jalan sekali langsumg simpan mobil," ucap Ramadan. 

Ramadan menceritakan, libur pada hari raya di Aceh sudah menjadi hal yang biasa. Hal itu sudah terjadi di setiap tahun saat masa hari besar tersebut. 

Baca Juga:
Jasa Raharja Jawa Barat Gali Potensi IWKL di Situ Cileunca

Di Terminal Aceh Tamiang tersebut tampak beberapa calon penumpang akan membeli tiket keberangkatan pada 2 Mei. Namun agen di situ mengatakan tidak ada keberangkatan di hari itu. 

Para agen angkutan umum di Aceh Tamiang juga tidak beroperasi pada hari lebaran esok. Selain tidak melayani naik turun penumpang, pengiriman paket juga akan berhenti sementara lantaran tidak admya angkutan umum yang beroperasi. 

"Besok kita bisa dua hari, tiga hari libur. Tergantung mobil ada apa enggak," kata agen Ucok di Terminal Aceh Tamiang.(fhm)