Pendaftaran Sekolah Kemenhub Diperpanjang hingga 5 Mei

  • Oleh : Naomy

Senin, 02/Mei/2022 18:14 WIB
Sipencatar BPSDMP Sipencatar BPSDMP

JAKARTA (BeritaTrans.com)- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan memperpanjang masa Pendaftaran Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) tahun 2022 diseluruh Perguruan Tingginya, berdasarkan jadwal yang telah dirilis sebelumnya pendaftaran Sipencatar jalur pola pembibitan 2022 semula akan ditutup 30 April 2022 pukul 23.59 WIB diperpanjang sampai dengan 5 Mei 2022 pukul 23.59 WIB. 

Perpanjangan ini tertuang dalam Pengumuman Nomor PG 03/BPSDMP-2022 Tentang Perpanjangan Masa Pendaftaran Sipencatar Jalur Pola Pembibitan pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun Akademik 2022/2023 

Baca Juga:
Yes, 68 Lulusan Diwisuda Perdana di Poltekbang Jayapura, Torang Bisa! Torang Basodara!

Sekretaris BPSDMP, Dr. Capt. A. Arif Priadi menyampaikan, perpanjangan ini menindaklanjuti Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi nomor:B/897/M.SM.01.00/2022 tanggal 28 April 2022 perihal Tangapan Terhadap Usulan Perpanjangan Masa Pendaftaran Penerimaan Calon Taruna/i Kementerian Perhubungan di SSCASN BKN. 

"Ini merupakan kabar baik bagi seluruh putra/i lulusan SMA sederajat yang ingin bergabung menjadi Taruna/i di lingkungan Kemenhub dan memberikan tambahan waktu bagi pendaftar untuk melengkapi seluruh dokumen yang dipersyaratkan dan meresume sebelum 5 Mei 2022," ungkapnya dalam keterangan resmi, Senin (2/5/2022). 

Baca Juga:
BPSDMP Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Poltekpel Malahayati Aceh

Sebagaimana tertuang dalam pengumuman bahwa seluruh proses pendaftaran yang dilakukan setelah tanggal 5 Mei 2022 pukl 23.59 WIB dianggap tidak sah. 

Dua juga mengingatkan kembali dalam melakukan proses pendaftaran agar memperhatikan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan, jadwal, dan alur pendaftaran.

Baca Juga:
Buka Rakornis, Kepala BPSDMP Ingatkan Pentingnya Kampus Harus Inovatif

Peserta juga harus menghindari hal - hal antara lain: mengupload dokumen tidak lengkap, scan ijazah/raport tidak jelas, dokumen tidak sesuai persyaratan, KTP/KK tidak sesuai, dan melakukan proses pembayaran pendaftaran yang tidak sesuai.

Capt. Arif menambahkan, pada tahun ini, Formasi yang disiapkan perguruan tinggi kedinasan Kemenhub tahun 2022 adalah 3.350 formasi. Terdiri dari 2.506 formasi Program Studi Pola Pembibitan Kemenhub, 744 formasi Program Studi Pola Pembibitan Pemda dan 100 formasi program studi Pola Pembibitan Kemenhub khusus Putra/Putri Papua/Papua Barat. 

“Untuk informasi selengkapnya para calon pendaftar dapat mengakses laman sipencatar.dephub.go.id," tambahnya. 

Perguruan tinggi di lingkungan BPSDMP merupakan perguruan tinggi yang memiliki ikatan dinas dengan Kemenhub.

“Jadi setelah lulus, akan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia," ujar dia.

Nantinya para pendaftar yang lulus hingga tahap akhir Sipencatar dalam mengenyam pendidikan di perguruan tinggi Kemenhub akan dibekali nilai-nilai PRESTASI selama menjalani pendidikan yakni: profesional, etika, standar global dan integritas guna mewujudkan SDM Transportasi yang unggul untuk Indonesia Maju. (omy)