Pilot Mendadak Tak Berdaya, Penumpang Tanpa Pengalaman Berhasil Daratkan Pesawat

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 12/Mei/2022 22:22 WIB
Penumpang membantu mendaratkan pesawat kecil jenis Cessna Caravan di bandara Florida, Amerika Serika. ©Jeff Chandler/WPBF-TV/Twitter Penumpang membantu mendaratkan pesawat kecil jenis Cessna Caravan di bandara Florida, Amerika Serika. ©Jeff Chandler/WPBF-TV/Twitter

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Seorang penumpang berhasil mendaratkan pesawatnya walaupun tak memiliki pengalaman terbang, setelah pilot pesawat pribadi itu mendadak lumpuh. Kejadian dramatis ini terjadi pada Selasa di bandara Florida, Amerika Serikat (AS). 

Penumpang tersebut melapor ke pengendali lalu lintas udara (ACT), mengatakan dia tidak tahu cara menerbangkan pesawat. Lalu petugas ACT mengarahkannya 

Baca Juga:
Pesawat Boeing 787 LATAM Airlines Terjun Bebas, Penumpang Terlempar dari Kursi hingga 50 Terluka

"Saya mengalami situasi sulit di sini," kata penumpang tersebut dalam rekaman audio LiveATC.net, dikutip dari The Independent, Kamis (12/5). 

"Pilot saya tidak bisa apa-apa dan saya tidak tahu bagaimana menerbangkan pesawat." 

Baca Juga:
Pesawat Boeing United Airlines Menukik 28 Ribu Kaki Sekitar 10 Menit, Penumpang Panik

Petugas ATC lalu mengarahkan apa yang harus dilakukan penumpang tersebut dan berusaha menemukan titik lokasi pesawat tersebut dalam radar. 

Pesawat jenis Cessna Caravan yang hanya membawa dua orang selain pilot itu terbang dengan ketinggian 9.100 kaki di dekat Florida selatan dan diarahkan ATC di Fort Pierce untuk mengikuti garis pantai untuk mendarat di bandara internasional Palm Beach. 

Baca Juga:
Malah Beli Kopi saat Boarding, Istri Ditinggal Suami Naik Pesawat

Akhirnya pendaratan dilakukan tanpa kendala dan kejadian ini mengagetkan kru pesawat lainnya dan mereka yang bertugas di darat. 

"Anda baru saja menyaksikan sepasang penumpang mendaratkan pesawat itu," kata petugas ATC kepada pilot American Airlines yang siap terbang ke Charlotte, North Carolina. 

"Maksud Anda penumpang itu mendaratkan pesawatnya?" tanya pilot itu. 

"Ya Tuhan. Luar biasa." 

Sebuah video menunjukkan pendaratan pesawat tersebut dan tim tanggap darurat bandara datang untuk membantu pilot yang dilaporkan lumpuh ini. Sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut terkait penumpang di dalam pesawat kecil tersebut. 

Badan Penerbangan Sipil mengatakan dalam sebuah pernyataan, pilot tersebut kemungkinan mengalami masalah kesehatan dan saat ini sedang dilakukan penyelidikan.(fh/sumber:merdeka)