Polisi Tangkap 3 Calo Bus di Terminal Bekasi, Paksa Penumpang Beli Tiket Palsu

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 12/Mei/2022 22:40 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

BEKASI (BeritaTrans.com) - Polisi mengungkap modus calo tiket di Terminal bus Bekasi. Tiga calo yang ditangkap ternyata juga membuat tiket palsu hingga membawa kabur hasil penjualan. 

"Modusnya, mereka menawarkan tiket-tiket PO bus, masyarakat untuk berangkat ke wilayahnya masing-masing. Ada yang secara paksa, ada secara langsung dengan tiket-tiket yang para calo membuat secara palsu," ujar Kapolsek Bekasi Timur Kompol Rusit Malaka kepada wartawan, Kamis (12/5/2022). 

Baca Juga:
Bus-Bus di Terminal Bekasi Ramai Penumpang, Siap Berangkat Berbagai Daerah

Tiga calo yang ditangkap berinisial PS (47), MM (56), dan TH (47). Rusit menjelaskan, normalnya penjualan tiket di Terminal Bekasi berlangsung mulai pukul 07.00 WIB hingga 20.00 WIB. Dia menerangkan, para calo memungut biaya Rp 100 ribu kepada para calon penumpang. 

"Selaku pelaku ticketing bus, langsung menulis di salah satu kertas sesuai apa tujuan calon penumpang. Dan pelaku (calo tiket) langsung memungut ongkos sebesar Rp 100.000 kepada calon penumpang," jelasnya. 

Baca Juga:
Pakai Kendaraan Pribadi hingga Online, Penumpang Diantar Sampai Depan Bus

Setelah dilakukan pembayaran calo tersebut mengajak penumpang menaiki salah satu bus. Namun ternyata penumpang tetap dimintai tiket oleh kernet bus resmi. 

"Kemudian datang awak bus yang sebenarnya yang juga menagih ongkos saat bus akan berangkat, padahal saat itu korban merasa sudah membayar ongkos bus dengan menunjukkan selembar karcis yang ditulis tangan oleh oknum calo," tambahnya. 

Baca Juga:
Beri Keamanan dan Kenyamanan Penumpang, Kru Bus Sumatera Rutin Perawatan Unit di Terminal Bekasi

Setelah ditelusuri ternyata calo itu membawa kabur uang tiket bus penumpang yang telah dibayarkan penumpang. 

"Ternyata oknum calo tersebut tidak menyerahkan uang dari calon penumpang kepada awak bus yang asli alias uang tersebut dibawa kabur oleh pelaku calo tiket," sebut Rusit.(fh/sumber:detik)