Pengemudi Diduga Mengantuk, Bus Pariwisata Hantam Tiang VMS di Tol Mojokerto

  • Oleh : Redaksi

Senin, 16/Mei/2022 11:50 WIB
Bus pariwisata menabrak tiang VMS terjadi di KM KM 712.400A Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo). Foto: istimewa. Bus pariwisata menabrak tiang VMS terjadi di KM KM 712.400A Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo). Foto: istimewa.

MOJOKERTO (BeritaTrans.com) -- Kecelakaan bus pariwisata menabrak tiang VMS terjadi di KM KM 712.400A Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

Dalam insiden tersebut 13 orang meninggal dan 12 orang lainnya mengalami luka berat. Polisi menduga kecelakaan tersebut dipicu pengemudi bus dalam kondisi mengantuk.

Baca Juga:
Ramp Check 118 Bus Pariwisata, Ditjen Hubdat: Hanya 36% Penuhi Persyaratan

"Dugaan awal bisa jadi mengantuk atau apa. Kan, belum ditanyai dan belum ada pemeriksaan kondisi kendaraan," kata Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Jatim AKBP Dwi Sumrahadi kepada wartawan, Senin (16/5/2022).

Untuk memastikan penyebab kecelakaan ini, kata Dwi, pihaknya harus lebih dulu melakukan olah TKP, memeriksa kondisi bus, dan menggali keterangan dari para saksi termasuk sopir bus.

Baca Juga:
Bus Rombongan Sekolah di Sidoarjo Kecelakaan di Tol Ngawi, Satu Guru Meninggal

Berdasarkan hasil pengecekan awal di lokasi kecelakaan, bus Ardiansyah nopol S 7322 UW itu tidak mengalami pecah ban. Sehingga penyebab kecelakaan tunggal ini mengarah kepada faktor kelalaian sopir.

"Ada ban yang lepas tapi tak ada yang meletus. Lepasnya mungkin setelah hantaman. Kemungkinan besar ya mengantuk. Tetapi nanti, kan, ada pemeriksaan lagi," ujarnya.

Baca Juga:
Bus Pariwisata Rombongan Siswa MTs Asal Serang Terguling di Ciater

Bus Ardiansyah nopol S 7322 UW mengangkut sekitar 25 orang yang sedang kembali dari berwisata di Yogyakarta ke Surabaya. Sampai di KM 712.400A Tol Sumo, bus tiba-tiba oleng ke kiri sehingga menabrak tiang VMS di kiri jalan tol.

Data sementara dari kepolisian, kecelakaan ini mengakibatkan 11 orang tewas. Ada sebanyak 10 korban tewas di lokasi kecelakaan, sedangkan 1 korban lainnya tewas dalam perjalanan ke rumah sakit terdekat. (dn/sumber: detik.com)