Ini Negara dengan Populasi Motor Terbanyak di Dunia, Ternyata Bukan Indonesia yang Nomor 1

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 24/Mei/2022 16:40 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Motor identik dengan Indonesia. Banyak masyarakat yang memilih sepeda motor sebagai alat transportasi utama, terlebih bagi mereka yang tinggal di wilayah tak terjangkau angkutan umum. 

Namun, kenyataannya Indonesia bukanlah negara dengan pengguna sepeda motor terbanyak di dunia. Masih ada negara dengan populasi motor lebih banyak perjumlah penduduk. 

Baca Juga:
Mobil Honda Brio di Bantul Tabrak 10 Motor, Pengemudi Jadi Tersangka, 11 Orang Luka

Negara apa sajakah itu? Dilansir dari World Atlas, Jumat (20/5/2022), berikut deretan negara dengan populasi motor terbanyak di dunia: 

1. Thailand 

Baca Juga:
4 Motor Terlibat Tabrakan Beruntun di Mertoyudan Magelang, Begini Kronologinya

Thailand dijuluki sebagai "Negeri 100 Juta Skuter" lantaran dipenuhi dengan sepeda motor dari berbagai merek. Menurut Pusat Penelitian Pew, dari 69,8 juta populasi 87 persen rumah tangga di negara ini memiliki setidaknya satu sepeda motor. Atau dari 18 juta rumah tangga, setidaknya ada 15 juta sepeda di negara tersebut.  

BBC menyebut ada 20 juta sepeda motor yang terdaftar di Thailand dan satu juta lebih tidak terdaftar. Dengan jumlah sepeda motor yang begitu melimpah dari rata-rata jumlah penduduk, angka kematian karena kecelakaan motor di Thailand menduduki posisi tertinggi, rata-rata 5.000 kematian setiap tahunnya. 

Baca Juga:
Mobil Brio Tabrak 10 Motor di Kasihan Bantul

2. Vietnam 

Sepeda motor menjadi alat transportasi paling populer di Vietnam. Setidaknya ada sekitar 45 juta sepeda motor di negara dengan populasi lebih dari 90 juta orang ini atau 86 persen rumah tangga memiliki setidaknya satu. 

Sebagian besar jalan di ibu kota Hanoi telah diambil alih oleh sekitar 5 juta sepeda motor. Akibat kemacetan yang ditimbulkan, pemerintah Vietnam pun berencana menguranginya. 

3. Indonesia 

Indonesia menduduki posisi ketiga negara dengan populasi sepeda motor terbanyak di dunia. Khususnya di Ibu Kota Jakarta, setidaknya ada 15 juta sepeda motor melewati kota setiap hari. 

Secara umum, negara berpenduduk 273,5 juta jiwa ini merupakan pasar sepeda motor terbesar di dunia. Menurut survei yang dilakukan AISI, ada sekitar 80 juta sepeda motor di Tanah Air. Sekitar 85 persen rumah tangga memiliki setidaknya satu sepeda motor. 

4. Malaysia 

Malaysia memiliki populasi sekitar 32,37 juta penduduk. Di mana dari 7 juta rumah tangga 5,8 juta di antaranya memiliki sepeda motor. Secara keseluruhan, ada sekitar 13 juta sepeda motor berseliweran di sana. 

Pengendara sepeda motor merupakan bagian terbesar dari kematian di jalan raya di negara tersebut. Terlepas dari risiko bahaya, sepeda motor adalah sarana transportasi favorit di Malaysia. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini urutan negara dengan populasi motor terbanyak di dunia: 

1. Thailand 

2. Vietnam 

3. Indonesia 

4. Malaysia 

5. China 

6. India  

7. Pakistan 

8. Nigeria 

9. Filipina 

10. Brasil 

11. Mesir 

12. Italia 

13. Tunisia 

14. Argentina 

15. Kolombia 

(Fh/sumber:BBC)