Waktu Tunggu KRL di Jalur Bekasi/Cikarang arah Jatinegara Semakin Cepat, Kereta Tiba Setiap 7 Menit Sekali

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 28/Mei/2022 09:28 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dengan adanya Switch Over 5 (SO 5) di Stasiun Manggarai membuat pola operasional KRL berubah. Hal itu juga menjadikan jarak waktu antar kereta di perjalanan line Bekasi/Cikarang-Jatinegara semakin rutin dan penumpang lebih cepat sampai. 

"Kami dapat memaksimalkan jalur-jalur ini dengan memperkecil Headway, khususnya dari Bekasi yang sampai ke Jatinegara. Itu sudah dapat dilalui 70 km/jam menjadi 90 sampai 95 km/jam," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba kepada wartawan, Jumat (27/5/2022) malam. 

Baca Juga:
Hari ke-3 Pasca SO 5 Manggarai, Penambahan Jalur pada Jam Sibuk Memecah Kepadatan Penumpang, Ini Jadwalnya!

Dia menjelaskan perjalanan KRL yang dulunya dirasa lama kini semakin cepat karena adanya penambahan jadwal kereta sebanyak 20 sampai 20 perjalanan. 

"SO yang ke 5 ini dapat kami sampaikan, khusus jalur Bekasi ini akan ada penambahan jadwal kereta, sekitar 20 sampai 30 perjalanan. Sehingga Headwaynya bisa diperkecil menjadi 7 menit di jam-jam sibuk," jelas Anne. 

Baca Juga:
Peron 9 Stasiun Manggarai Diaktifkan untuk Ansipasi Penumpukan Penumpang KRL

Dengan adanya Headway yang lebih singkat ini  diharapkan, kapasitas angkut semakin meningkat untuk menangani penumpukan yang terjadi ketika transit terutama di Stasiun Manggarai. 

Headway Bekasi/Cikarang-Jatinegara sebelumnya dikatakan Anne bisa mencapai 30 menit dan berkurang hingga 15 menit saat ini pada jam-jam sibuk. Namun dengan adanya SO 5 ini dan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru ini Headway dimaksimalkan menjadi 7 menit pada jam-jam sibuk.(fahmi)

Baca Juga:
70 Perjalanan KRL Bibatalkan Terkait Switch Over Stasiun Manggarai Khusus Jumat Malam Besok, Cek Lagi Jadwal KA di Sini!