53 Perwira Poltektrans SDP Palembang Dilantik

  • Oleh : Naomy

Rabu, 01/Jun/2022 08:47 WIB
Pelantikan perwira Poltektrans Palembang Pelantikan perwira Poltektrans Palembang

 

PALEMBANG (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melantik sebanyak 53 Perwira Transportasi Lulusan Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Poltektrans SDP) Palembang. 

Baca Juga:
Sekretaris BPSDMP Tekankan Pentingnya Kemampuan Koordinasi

Upacara pelantikan dipimpin Sekretaris BPSDMP, Dr. Capt. A. Arif Priadi M.Sc di lapangan Poltektrans SDP Palembang, Selasa. (31/5/2022).

Capt. Arif mengungkapkan kepada para lulusan bahwa setelah dua tahun menghadapi pandemi Covid-19 tentunya banyak pelajaran dan pengalaman yang dapat diambil, terutama di Kampus Kementerian Perhubungan, yang telah menerapkan pembelajaran online, pembelajaran Multimedia, dan Blended Learning. 

Baca Juga:
Poltektrans SDP Palembang Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pengelolaan Transportasi Ramah Lingkungan

“Hal tersebut merupakan satu kemajuan teknologi yang sudah semestinya sudah selayaknya kita perlu tingkatkan. Kemajuan teknologi dan arus informasi yang begitu pesatnya membawa perubahan dan tantangan yang menuntut kita untuk bekerja keras, konsentrasi dan berusaha terus menerus untuk mengimbanginya,” urainya.

Selain dalam hal pendidikan, menurutnya, dalam dunia kerja khususnya Industri Transportasi, kemajuan teknologi tersebut juga menjadi tantangan tersendiri, terutama mulai diterapkannya inovasi teknologi yang mengurangi kontak fisik dalam pengoperasiannya.

Baca Juga:
Kepala BPSDMP: Taruna Harus Cekatan, Enerjik, Nyali, Inspiratif Inovatif, dan Lentur

“Dampak dari pandemi Covid – 19 melahirkan beberapa inovasi teknologi yang mempertimbangkan pengurangan kontak fisik dalam penggunaannya seperti halnya Ship on-board sensors, autonomous surface ships, dan big data analysis. Oleh karena itu insan transportasi indonesia harus terus meningkatkan kompetensi, kemampuan, sikap mental, disiplin dan tanggung jawab yang tinggi agar mampu beradaptasi dengan perubahan zaman serta bersaing dengan dengan tenaga kerja transportasi dari negara lain,” tutur dia.

Poltektrans SDP Palembang, merupakan Sekolah Vokasi pertama yang fokus dalam bidang Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan, oleh karena itu, Capt. Arif mengingatkan kepada para Perwira Transportasi untuk terus meningkatkan kompetensi, karena di masa depan aktifitas pelayaran dituntut menjadi transportasi berkelanjutan, yang mampu mendukung terciptanya transportasi yang ramah lingkungan. 

“Saat ini sudah mulai diterapkan sulphur limitation pada bahan bakar kapal untuk meningkatkan kualitas udara, cybersecurity on board ships serta ballast water management menjadi persoalan yang didengungkan oleh seluruh pelaku industri pelayaran. Upaya tersebut dapat tercapai jika didukung oleh adanya SDM di bidang pelayaran yang memahami regulasi dan pemanfaatan teknologi terbaru, oleh karena itu sebagai Perwira Transportasi kalian harus terus belajar dan mengembangkan diri,” bebernya.

Selain itu, kepada Civitas Akademika Poltektrans SDP Palembang agar terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan pada sistem pendidikan untuk dapat menciptakan SDM yang handal dan berkualitas dalam mendukung Zero Accident. 

“Kecelakaan seringkali diakibatkan oleh human factor dan miss management, karenanya tuntutan Zero Acidents dalam industri transportasi perlu didukung dengan SDM handal dan berkualitas. Kita dituntut untuk selalu melakukan perbaikan dan penyempurnaan pada sistem pendidikan, metode ujian dan sertifikasinya. Oleh karenanya perguruan tinggi harus mampu memberikan masukan dan solusi terhadap tantangan – tantangan tersebut untuk menciptakan Sumber Daya Manusia Transportasi yang unggul," imbuh Capt. Arif.

Direktur Poltektrans SDP Palembang, H. Irwan, mengungkapkan bahwa Perwira Transportasi yang dilantik merupakan lulusan dari  Diklat Pembentukan Program Studi Nautika dan Program Studi Permesinan Kapal sebanyak 16 orang, serta lulusan dari Diklat Peningkatan Pelaut Tingkat III, IV, dan V Nautika dan Teknika sebanyak 37 orang.

“Khusus untuk Diklat Pembentukan Program Studi Nautika dan Program Studi Permesinan kapal ini merupakan lulusan angkatan pertama sejumlah 16 orang, dan untuk lulusan terbaik dari masing-masing program studi tersebut langsung kami angkat sebagai instruktur di Poltektrans SDP Palembang,” ujarnya.

Selain itu untuk mendukung pengembangan pendidikan di Poltektrans SDP Palembang, pihaknya telah melakukan kerja sama baik dengan Perguruan Tinggi Vokasi dan dunia Industri.

Menutup rangkaian pelantikan, Capt. Arif ingatkan para Taruna Poltektrans SDP Palembang dan Politeknik Penerbangan Palembang, menjadi pribadi yang unggul dengan berbekal nilai – nilai PRESTASI: Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas yang didapatkan selama menjalani pendidikan di Kampus Kemenhub. (omy)