10 PO Bus Paling Banyak Penggemarnya, Yang Terbanyak PO Ini

  • Oleh : Taryani

Rabu, 01/Jun/2022 09:53 WIB
Ilustrasi perusahaan otobus yang memiliki penggemar terbanyak di Tanah Air adalah PO Haryanto dari Kota Kudus. (Foto:Ist.) Ilustrasi perusahaan otobus yang memiliki penggemar terbanyak di Tanah Air adalah PO Haryanto dari Kota Kudus. (Foto:Ist.)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Perusahaan Otobus (PO) di  Tanah Air banyak yang memiliki pelanggan. Salah satunya faktornya karena pelayanan yang dinilai memuaskan.

Yang tertarik tak hanya pelanggan setia yang sering naik - turun PO tertentu. Tapi juga banyak di antara warga lainnya  yang karena sering melihat penampilan bus,  baik saat melaju di jalan atau di tempat pakir sehingga tertarik dengan bus kesayangannya.    

Mereka lalu tergabung dalam busmania yang memiliki PO favorit.  Saking fanatiknya, sejumlah busmania sampai rela menunggu di bahu jalan untuk melihat dan mendengar klakson bus tersebut. 

Tak hanya itu, kepopuleran PO  dapat dilihat dari seberapa banyak members atau follower (pengikut) di media sosial.

Bahkan, sampai ada akun fans klub khusus bus tersebut.  Kira-kira PO bus mana saja yang paling banyak penggemarnya di media sosial.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (1/6/2022), berikut deretan fans PO bus dengan members terbanyak. 

1.Harapan Jaya

Harapan Jaya yang bermarkas di Tulungagung, Jawa Timur menjadi salah satu PO yang memiliki banyak penggemar. Jika menengok fans page di media sosial, PO yang satu ini memiliki 92.000 members yang tergabung dalam Harjay Mania. Sementara untuk akun resmi PO Harapan Jaya punya 7.400 members. 

PO Harapan Jaya memang memiliki penumpang dan penggemar yang sangat fanatik. Bukan hanya dari Tulungagung saja, para penggemar juga diketahui berasal dari daerah lain yang tersebar di seluruh Indonesia.

2. Gunung Harta

PO yang memiliki banyak pengggemar selanjutnya adalah Gunung Harta. Diketahui bahwa PO yang disebut sebagai penguasa jalur Malang ini memiliki lebih dari 95.000 orang penggemar.

Mereka biasa disebut sebagai Gunung Harta Lovers. Adapun sebab Gunung Harta dicintai adalah karena banyak armada bus dari PO Gunung Harta ini yang menggunakan sasis premium. Sementara untuk akun resmi PO Gunung Harta punya 10.000 members. 

3. Primajasa

PO yang tergabung dalam Mayasari Group ini terkenal sebagai penguasa jalanan yang memiliki jumlah anggota grup pada jejaring media sosial Facebook sebanyak lebih dari 115.000 anggota.

Primajasa sendiri dikenal memiliki armada bus reguler yang melayani trayek bus antarkota antarprovinsi. Kebanyakan armada bus Primajasa melayani trayek bus tujuan Jawa Barat dan Banten.

4. Bejeu

PO yang memiliki tingkat kepopuleran tinggi lainnya adalah Bejeu. Bejeu yang merupakan singkatan dari Bongkotan Jati Utama memiliki lebih dari 133.000 anggota yang tergabung dalam Black Bus Community di media sosial Facebook.

Bejeu merupakan PO yang berasal dari kota Jepara. PO yang satu ini identik dengan armada bus berwarna hitam dan komunitasnya sering disebut Black Bus Community.

5. NPM

Tidak hanya PO yang berasal dari Pulau Jawa saja yang memiliki banyak penggemar. PO asal Padang, Sumatera Barat NPM (Naiklah Perusahan Minang) juga tercatat memiliki fans yang militan.

NPM yang didirikan di Padangpanjang Minangkabau pada tahun 1937 ini memiliki lebih dari 138.000 NPM Mania, sebutan untuk para pecinta PO NPM. 

6. ALS

Di urutan selanjutnya ada PO asal kota Medan yaitu ALS atau (Antar Lintas Sumatera). Diketahui bahwa ALS memiliki jumlah anggota grup ALS Mania pada jejaring media sosial Facebook mencapai lebih dari 142.000 orang.

ALS sendiri dikenal sebagai salah satu perusahaan otobis yang memiliki trayek bus antarkota antarprovinsi terjauh di Indonesia yaitu Medan - Jember.

7. Budiman

PO Budiman yang merupakan penguasa bus di daerah Priangan dan berkantor pusat di Kota Tasik. Akun Bus Cepat Budiman di Facebook memiliki lebih dari 145.000 anggota yang sangat luar biasa militan.

8. Sinar Jaya

Selain memantapkan diri sebagai salah satu perusahaan transportasi terbesar di Indonesia, Sinar Jaya juga memiliki jumlah anggota grup pada jejaring media Facebook yang cukup banyak.

Anggota Sinar Jaya Mania di Facebook mencapai lebih dari 148.000 members.

9. Sudiro Tungga Jaya

PO Sudiro Tungga Jaya atau yang sering disebut STJ memiliki jumlah anggota fans grup di jejaring media Facebook lebih dari 154.000 orang.

Ini merupakan capaian yang sungguh luar biasa. Pasalnya, PO STJ sendiri masih tergolong muda. Namun PO yang satu ini sudah diterima oleh masyarakat dan terlihat perkembangannya kian hari kian meningkat dengan jumlah fans dam armada busnya yang semakin bertambah banyak.

10. Haryanto

Siapa yang tidak kenal dengan PO asal Kota Kudus, Haryanto. PO yang satu ini sangatlah tidak asing di telinga.

Kepopuleran Haryanto sangatlah tinggi dibanding PO lainnya. PO Haryanto saat ini menjadi perusahaan otobus dengan penggemar terbanyak.

Jumlah anggota grup Haryanto Mania pada jejaring media sosial Facebook lebih dari 191.000 members. Sementara untuk akun official PO Haryanto punya 14.000 members. (tr/Sumber:iNews.com)