Taruna STTD-PTDI Sabet Juara I dan Favorit di Lomba Karya Ilmiah Lingkungan Hidup

  • Oleh : Naomy

Minggu, 05/Jun/2022 14:50 WIB
Taruna PTDI Taruna PTDI


JAKARTA (BeritaTrans.com)  - Dalam rangka mewujudkan komitmen Indonesia dalam Presidensi Group of Twenty (G20), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) yang diwakili oleh Taruna Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) Bekasi mengikuti ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN).

Tema yang diangkat "Kolaborasi G20 dalam Menyelamatkan Lingkungan" yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Ahli  Lingkungan Indonesia/Indonesian Environmental Scientists Association (IESA)".

Baca Juga:
Sekretaris BPSDMP Tekankan Pentingnya Kemampuan Koordinasi

LKTIN ini telah dimulai proses pendaftarannya pada 11 April 2022 dan terbuka untuk mahasiswa aktif jenjang S1 dan S2/S3 dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia. 

Didukung PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero), lomba ini memiliki beberapa tahapan mulai dari pendaftaran dan pengumpulan naskah, seleksi penilaian juri, pengumuman hasil seleksi dan seminar nasional pada 4 Juni 2022. 

Baca Juga:
Poltektrans SDP Palembang Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pengelolaan Transportasi Ramah Lingkungan

Dalam Perhelatan ini, PDTI-STTD Bekasi diwakili Taruna Nindya Ilpan Taruna Sakti, Taruna Remaja Ario Chandra Purpratama, dan Taruna Remaja Berlianisa meraih Juara 1 dan Juara Favorit dengan mengusung Karya Tulis Ilmiah berjudul “Konsep Bandara Berbasis Energy Harvesting with Piezoelectric”.

Saat mememaparkan karya ilmiahnya Taruna Kemenhub tersebut menguraikan potensi energi terbarukan dalam pembangkit listrik dengan alat Piezoelektrik dalam konsep alat yaitu Floor Power Plant dengan memanfaatkan gaya tekanan dari pergerakan manusia dan Taxiway Power Plant dengan memanfaatkan tekanan pesawat dan Noise Power Plant dengan memanfaatkan kebisingan pesawat, demi mewujudkan eco-airport di Indonesia.

Baca Juga:
Kepala BPSDMP: Taruna Harus Cekatan, Enerjik, Nyali, Inspiratif Inovatif, dan Lentur

Pemikiran ini merupakan keinginan dan buah pemikiran Taruna Kemenhub untuk mewujudkan “Recover Together, Recover Stronger” yang merupakan tema Presidensi G20 yang akan diselenggarakan di Indonesia setelah deraan pandemi Covid-19.

Kepala BPSDMP, Djoko Sasono dalam kesempatan terpisah menyampaikan apresiasi dan selamat kepada para taruna yang telah mengikuti dan memenangkan perlombaan ini.

“Ini merupakan salah satu kontribusi nyata pemikiran taruna dalam mewujudkan pembangunan transportasi yang berkelanjutan, yang dampaknya dapat menyelamatkan lingkungan," tuturnya, Ahad (5/6/2022).

Dia juga mendorong civitas akademika perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan baik tenaga pengajar maupun taruna untuk memberikan kontribusi pemikiran melalui ajang-ajang serupa.

Hal itu guna memastikan terselenggaranya pembangunan berkelanjutan yang bersifat inklusif dan memperhatikan lingkungan baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. (omy)