Optimalkan Pelayanan, KAI Commuter Perluas Area Flow Penumpang di Area Jalur 8 Stasiun Manggarai

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 05/Jun/2022 16:46 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Volume Pengguna KRL Jabodetabek dalam pekan pertama Bulan Juni 2022 ini menunjukkan tren peningkatan. Untuk antisipasi penumpukan, KAI Commuter melakukan perluasan area flow penumpang dari arah peron jalur 8 di area lantai satu Stasiun Manggarai. 

"Perluasan ini dilakukan untuk pemisahan flow pengguna transit di Stasiun Manggarai yang akan menuju jalur 8 untuk tujuan Bekasi/Cikarang dengan flow pengguna yang dari jalur 8 untuk transit di Stasiun Manggarai," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Ahad (5/6/2022). 

Baca Juga:
KAI Commuter Bagi-bagi Paket Makan Sahur di Stasiun Bogor dan Stasiun Rangkasbitung

Dikatakan Anne, dengan peningkatan tren penumpang serta perubahan pola operasi pelayanan perjalanan KRL, KAI Commuter terus melakukan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan pengguna khusunya di Stasiun Manggarai. 

Dijelaskan Anne, KAI Commuter mencatat rata-rata volume pengguna perhari selama bulan Mei 2022 sebanyak 538.486 orang. Angka tersebut naik 7% dibanding rata-rata volume pengguna pada bulan April 2022 yaitu sebanyak 520.855 orang per harinya. 

Baca Juga:
KRL Layani Lebih 11 Juta Penumpang Selama Ramadan, Stasiun Rawa Buaya Ditingkatkan untuk Naik Turun Pengguna Commuter Line Basoetta

"Pada hari kerja pekan kemarin juga tercatat rata-rata pengguna KRL Jabodetabek sebanyak 615.731 orang perharinya atau lebih tinggi 29% dibanding rata-rata volume pada hari libur dan akhir pekan yaitu sebanyak 476.849 orang," terang Anne.

Menurut data rata-rata volume pengguna tersebut, akhir pekan merupakan hari dimana jumlah pengguna KRL Jabodetabek lebih rendah dibanding dengan hari kerja lainnya terutama Hari Senin. Akhir pekan juga merupakan waktu yang tepat bagi pengguna KRL dalam merencanakan perjalanannya karena lebih leluasa dan terhindar dari potensi kepadatan. 

Baca Juga:
Tren Volume Penumpang KRL Jabodetabek Naik saat Ramadan, Stasiun di Kawasan Pusat Perbelanjaan Terpantau Ramai

KAI Commuter mengajak para pengguna KRL terutama bagi pengguna yang akan kembali ke Jakarta dari daerah penyangganya, untuk menggunakan perjalanan KRL pada akhir Ahad ini. 

Saat ini, KAI Commuter melayani 1.054 perjalanan KRL mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB dengan mengoperasikan 94 rangkaian KRL tiap harinya. Dengan perubahan pola operasi tersebut, Khusus untuk melayani pengguna transit di Stasiun Manggarai dioperasikan perjalanan KRL Feeder tambahan relasi Manggarai - Angke/Kampung Bandan PP dan Manggarai – Bekasi PP. 

Para pengguna yang transit bisa memanfaatkan jadwal-jadwal perjalanan KRL Feeder sebagai berikut: 

1.Relasi Manggarai-Angke/Kampung Bandan pukul 06:27, 07:33, 08:04, 08:30, 09:33, 14:31, 16:19, 17:42, dan 19:02.
2.Relasi Kampung Bandan/Angke-Manggarai pukul 07:19, 08:51, 08:09, 09:27, 10:25, 15:28, 17:03, 18:24, dan 19:46.
3.Relasi Manggarai – Bekasi pukul 18:00 dan 19:27.
4.Relasi Bekasi – Manggarai pukul 18:42 dan 20:08. 

Dijelaskan pula, dengan pola operasi perjalanan pada lin Cikarang yang baru ini, terdapat juga alternatif perjalanan yang bisa digunakan pengguna untuk melakukan perjalannya. Seperti pengguna di Stasiun Sudirman atau Tanah Abang tujuan Bekasi/Cikarang bisa melakukan perjalannya menggunakan KRL skema pola opeasi full racket dengan relasi Manggarai – Angke – Kampung Bandan – Pasar Senen –Jatinegara untuk menuju Bekasi/Cikarang. 

Sementara itu, bagi pengguna KRL dari arah Jakarta Kota tujuan Bekasi/Cikarang bisa memilih alternatif perjalananya dengan trasit di Stasiun Kampung Bandan. Begitupun sebaliknya pengguna KRL dari arah Bekasi/Cikarang untuk tujuan Jakarta Kota dapat transit di Stasiun Kampung Bandan. 

KAI Commuter juga tetap memberlakuan protokol kesehatan yang berlaku dan sejumlah aturan naik KRL saat pandemi. 

KAI Commuter juga mengimbau agar pengguna selalu ikuti arahan dari petugas di stasiun serta selalu perhatikan petunjuk-petunjuk arah untuk pengaturan flow pengguna di stasiun. KAI Commuter juga mengucapkan terimakasih kepada pengguna yang terus mendukung adaptasi dengan berbagai masukan. (Fhm)